Kembangkan Pertanian Organik, Lemhannas RI Tertarik Kunjungi Desa Sidan

picsart 22 06 15 18 34 24 502
KUNJUNGAN LEMHANAS - Rombongan Lemhannas RI, saat mengunjungi pertanian organik di Kisidan Hill, Desa Sidan, Gianyar, Rabu (15/6/2022)

Gianyar, DENPOST.id

Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) RI, melaksanakan studi lapangan terkait isu strategis nasional tahun 2022, di objek wisata Kissidan Resto Eco Hill di Desa Sidan, Kecamatan/Kabupaten Gianyar, Rabu (15/6/2022). Di tempat ini, rombongan Lemhannas RI melihat secara langsung pertanian organik hingga pengelolaan sampah.

Rombongan tertarik dengan beras mentik susu khas Desa Sidan.

Salah seorang anggota peserta Lemhannas RI, Laksmana TNI Dato Rusman SN mengatakan program yang dilaksanakan Desa Sidan untuk melihat langsung pengeloan lahan tidur menjadi lahan produktif. “Ini bisa dijadikan sebagai contoh. Sebagai contoh desa lain kalau pemerintah mengelola dengan baik. Karena ini berkaitan dengan ketahanan pangan dan pemberdayaan masyarakat,” katanya.

Dikatakan dia, tanaman padi organik yang ditanam di lahan tidur sangat subur. “Lalu ada sampah yang dikelola mulai dari rumah, kemudian diolah jadi kompos dan didistribusikan ke petani sebagai pupuk organik,” jelasnya.

Baca juga :  Polsek Gianyar Jaga Ketat Ibadah Umat Nasrani

Menurut dia, pupuk organik tidak merusak struktur hara tanah justru menyuburkan tanah. Apabila dibanding dengan pupuk kimia justru mengurangi kandungan hara. Mengenai edukasi di tempat lain, program yang dilaksanakan Desa Sidan, diharapkan bisa di contoh desa-desa lain.

Sementara Perbekel Desa Sidan, Made Sukra Suyasa mengaku sebagai kehormatan dikunjungi Lemhanas RI. “Saya diundang sebelumnya jadi narasumber bagaimana Desa Sidan membangun organik dipadukan dengan wisata. “Kami bersyukur, desa di ujung timur Gianyar bisa dikunjungi,” ujarnya.

Baca juga :  Petani dan Nelayan Kesulitan Solar, Dewan Sidak SPBN dan SPBU

Harapan ke depan supaya Desa Sidan lebih semangat. Termasuk berharap kehadiran Lemhanas membantu mempromosikan Desa Sidan. (116)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini