Beli Lahan untuk Fasum, Tegal Badeng Barat Tak Gunakan Dana Desa

picsart 22 06 16 16 26 55 031
Perbekel Tegal Badeng Barat, I Made Sudiana

Negara, DENPOST.id

Guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Pemerintah Desa Tegal Badeng Barat, Kecamatan Negara telah menyiapkan lahan pembangunan fasilitas umum (fasum).
Perbekel Tegal Badeng Barat, I Made Sudiana, Kamis (16/6/2022) mengatakan, sejak tahun 2018 hingga 2022 pihaknya telah menyelesaikan pembelian tanah seluas 1 hektar 22 are senilai Rp 2.150.000.000.

Pembelian tanah dilakukan dengan mencicil menggunakan uang sumbangan warga dan donatur. “Jadi kami tidak menggunakan dana desa. Itu semua kami telah koordinasikan dengan semua pihak dan kami juga menurunkan tim appraisal. Selama 4 tahun kami mencicil. Hak kepemilikan juga sudah keluar. Tinggal menunggu seritikat,” jelasnya.

Baca juga :  Terapkan Prokes Saat Pencoblosan, Ini Langkah KPU Jembrana

Dikatakannya, dana desa tidak bisa dipakai membeli lahan sehingga pihaknya melaksanakan musyawarah desa dan membentuk panitia. Panitia tiap bulan membuat laporan.

Kini, di lahan tersebut sudah dibangun fasilitas TK dan bahkan siswanya sampai melebihi kapasitas. “Partisipasi warga sangat besar dalam pembelian lahan yang sangat besar ini. Meski ada provokasi bahwa tidak boleh memungut dana di sana, namun sesuai dengan UU Desa di mana masyarakat dan perusahaan di wilayah tersebut bisa berkontribusi tenaga dan material. Jadi sudah dibangun TK dan ada sumbangan sukarela, sehingga tidak mengikat. Tidak bayar juga tidak apa-apa,” katanya.

Baca juga :  Ratusan Seniman Jembrana Dilibatkan di Pembukaan PKB

Sementara selain TK, juga akan dibangun sesuai fasilitas olahraga. “Kami berharap ke depan bisa dibangun fasilitas olehraga yang bagus di tempat ini, sehingga bisa bermanfaat untuk anak-anak,” tandasnya. (120)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini