TNI AU Dukung Demo Udara HUT Kodam XIII/Merdeka

jumat jun
SIAP MELOMPAT - Peterjun bersiap-siap melompat dari pesawat untuk melakukan penerjunan bersama untuk mendukung demo udara pada giat HUT Kodam XIII/ Merdeka, Kamis (16/6/2022). (DenPost.id/ist)

Denpasar, DenPost.id

Pangkalan TNI AU Sam Ratulangi, Manado, Sulut, mendukung demo udara pada giat HUT Kodam XIII/ Merdeka, Kamis (16/6/2022). Pesawat C130 Hercules didatangkan dari Skadron Udara 32 Lanud Abdul Rahman Saleh, Malang, Jatim, yang diawaki Mayor Penerbang Ebor. Demikian siaran pers yang disampaikan Kepala Penerangan Lanud Sam Ratulangi Mayor (Sus) Michiko Moningkey kepada DenPost.id di Denpasar.

Sejalan dengan instruksi Komandan Lanud (Danlanud) Sam Ratulangi Marsma TNI M.Satriyo Utomo, para awak C130 A1316 Hercules mengangkut 16 peterjun free pall menuju drop zone atau sasaran dengan ketinggian 8.500 feet dan kembali ke Lanud Sam Ratulangi, Manado.Keenambelas peterjun mendapat penekanan penting dari Danlanud. Menurut Satriyo Utomo bahwasanya olahraga dirgantara selalu memiliki risiko yang tinggi. Karena itu diperlukan sikap kehati-hatian dalam hal ini. “Koordinasi intens harus dilakukan antara tim peterjun, kru pilot, maupun dengan Koordinator Demo Udara. Tidak ada keraguan, tidak ada kira-kira. Di Angkatan Udara yang ada eksakta. Pasti!” tegas Marsma TNI M. Satriyo Utomo.

Baca juga :  Kemenhub dan BRI Integrasikan Sitolaut Dengan Layanan Digital Banking

“Selanjutnya, kesiapan, mental dan parameter. Demo udara penuh dengan risiko. Dilarang jumawa, arogan dan tidak pula menganggap enteng. Jika ada yang merasa tidak fit, tidak nyaman, segera mundur. Perencanaan harus matang. Planning adalah 90% keberhasilan!” pesan Danlanud kepada semua pendukung demo udara.

Enambelas peterjun ini bersumber dari FASI Sulut, Kopassus, Kostrad dan Kodam XIII/Merdeka. Tercatat lima peterjun FASI Sulut, tiga di antaranya wanita. Mereka melaksanakan free fall dan mendarat aman di Lapangan Rindam XIII/Merdeka.

Baca juga :  Mudahkan Nasabah, BRImo Hadirkan Fitur Pusat Bantuan di Aplikasi

Warna-warni payung atlet free pall menghiasi langit Kota Tomohon, Kamis pagi. Beberapa peterjun merentangkan bendera Merah-Putih, bendera Provinsi Sulut, bendera Provinsi Sulteng, bendera Provinsi Gorontalo, serta bendera Kodam XIII/Merdeka.

Atlet peterjun wanita asal Sulut, Pingkan Mandagi, yang juga peraih medali perak PON XX Papua 2021, dan Liven Tuegeh, Fasida Sulut yang atlet PON XX di Papua 2021, serta Chintia Doodoh, Fasida Sulut yang juga atlet PON XX di Papua 2021. ”Srikandi-Srikandi” ini turut memeriahkan HUT Kodam 13/ Merdeka tahun 2022.

Baca juga :  Berhasil Perkuat Ekosistem Digital, Penyaluran KUR BRI Tembus Rp88,99 Triliun Per April 2022

Sementara itu, tim paralayang yang mendaki Gunung Lokon dibatalkan melakukan lompatan disebabkan cuaca yang tidak memungkinkan untuk dilaksanakannya penerjunan dari puncak Gunung Lokon. Kala itu bertindak selaku Koordinator Demo Udara adalah Kadispotdirga Lanud Sam Ratulangi Kolonel Pasukan Paulus Purwadi. (yad)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini