Pilkada Bangli Tahun 2024 Diperkirakan Habiskan Rp 26,8 Miliar

picsart 22 06 17 14 42 04 630
Ketua KPU Bangli, Putu Gde Pujawan Pratama

Bangli, DENPOST.id

KPU Kabupaten Bangli mengumumkan tahapan Pemilu dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada tahun 2024. Di mana sesuai rancangan sementara, kebutuhan anggaran pelaksanaan pilkada serentak di Kabupaten Bangli diperkirakan bakal menelan anggaran Rp 26,8 miliar lebih.

Dimintai konfirmasi pada Jumat (17/6/2022), Ketua KPU Bangli, Putu Gde Pujawan Pratama, mengatakan, proses pemilu tahun 2024 tahapannya telah dimulai Selasa (14/6/2022) lalu. Di mana untuk di Kabupaten Bangli, pihaknya mengawalinya dengan melakuan persembahyangan bersama jajaran Forkompinda di Pura Kehen. “Kita harap semua tahapan Pemilu dan Pilkada Serentak tahun 2024 bisa berjalan aman dan lancar. Sementara malamya kita lakukan acara peluncuran tahapan Pemilu tahun 2024,” katanya.

Baca juga :  Pipa Terseret Longosr, Pasokan Air PDAM Terganggu

Serangkaian dengan dimulainya tahapan pemilu tahun 2024, Pujawan berharap masyarakat ikut berperan aktif dalam menyukseskan semua tahapan tersebut. Selan itu, masyarakat juga diminta ikut melakukan pengawasan sehingga tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. “Masyarakat memastikan dirinya telah masuk sebagai daftar pemilih atau telah terekam KTP elektronik,” pintanya.

Kata dia, tahapan pemilu akan dimulai dari perencanaan, penganggaran dan pembuatan peraturan. Disebutkan, dari 11 tahapan, untuk perencanaan dimulai hingga proses pemungutan suara 14 Februari tahun 2024. “Pada tanggal ini akan dilakukan pemungutan untuk Pilpres, Pemilihan legislatif dari DPR RI hingga DPRD Kabupaten dan DPD. Sementara pada bulan Nopember tahun 2024 akan dilakukan pemilihan Gubernur dan Bupati,” sebutnya.

Baca juga :  Ribuan Surat Suara Gagal Produksi Dimusnahkan

Disinggung anggaran yang diperlukan, kata mantan wartawan ini, pihaknya telah merancang dan telah mengadakan koorinasi dengan Pemkab Bangli yakni Kesbangpolinmas. Dari koordinasi ini, Pemkab Bangli telah menyatakan kesiapannya melakukan penganggaran Pilkada tahun 2024, yang mana penggarannya akan dilakukan bertahap mulai tahun 2023 dan tahun 2024. “Sesuai yang telah kami rancang kebutuhan anggaran Pilkada Bangli sementara mencapai Rp 26,8 miliar. Anggaran ini telah dirancang oleh Pemkab Bangli, yang mana untuk 40 persen dianggarkan tahun 2023 dan 60 persennya pada tahun 2024,” pungkasnya. (128)

Baca juga :  Janjian Pesta SS, Warga Nongan Diringkus di Bangli

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini