Antisipasi Pelanggaran Pemilu, Bawaslu Gianyar Koordinasi dengan Kesbangpol

picsart 22 06 17 20 08 41 452
KOORDINASI - Bawaslu Gianyar, saat melakukan koordinasi dengan Kesbanglinmas Gianyar.

Gianyar, DENPOST.id

Tahapan Pemilu Serentak 2024 telah dimulai. Untuk menyiapkan tahapan pemilu, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Gianyar melakukan koordinasi dengan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Gianyar, untuk koordinasi mengantisipasi pelanggaran pemilu.

Rombongan audiensi dipimpin Ketua Bawaslu Gianyar, I Wayan Hartawan, didampingi anggota Ni Made Suniari Siartikawati, I Wayan Gede Sutirta, dan Koordinator Sekretariat Bawaslu Kabupaten Gianyar, I Wayan Budi Mahendra. Rombongan Bawaslu diterima langsung Kepala Kesbangpol Kabupaten Gianyar, Dewa Gede Putra Amerta.

Baca juga :  Bale Peselang di Pura Desa Mas Ludes Terbakar

Ketua Bawaslu Gianyar, I Wayan Hartawan, Jumat (17/6/2022), mengatakan maksud dan tujuan kedatangannya berkaitan penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada serentak Tahun 2024, serta tupoksi dari kelembagaan Bawaslu. ”Dimulainya tahapan Pemilu Serentak tahun 2024, Bawaslu Gianyar memulai koordinasi bersama Kesbangpol terkait kerawanan-kerawanan yang terjadi, sehingga apapun yang kami lakukan terkait dengan tupoksi kelembagaan, kami akan koordinasikan dengan Kesbangpol sebagai bentuk deteksi dini,” kata Hartawan.

Hartawan yang juga Koordinator Divisi SDMO Bawaslu Kabupaten Gianyar tersebut, menjelaskan salah satu kerawanan yang kerap terjadi adalah terkait dengan daftar pemilih yang rawan menjadi gugatan. Bawaslu Gianyar berharap Pemerintah Daerah Kabupaten Gianyar melalui Kesbangpol dapat mendorong masyarakat yang belum melakukan perekaman E-KTP untuk segera melakukan perekaman dan juga megurus akta kematian untuk anggota keluarga yang sudah meninggal.

Baca juga :  Meski Kalah, Mas Sumatri Hadiri Penetapan Paslon Terpilih

“Berkenaan dengan pemuktahiran daftar pemilih di Gianyar dari data yang kami terima masih terdapat masyarakat yang belum melakukan perekaman E-KTP, untuk itu kami berharap pemda dapat mendorong masyarakat di Kabupaten Gianyar untuk segera melakukan perekaman, dikarenakan warga negara yang mempunyai hak pilih harus sudah memiliki E-KTP dan berumur 17 tahun atau setidaknya sudah melakukan perekaman,” kata Hartawan.

Menanggapi apa yang disampaikan Bawaslu Gianyar, Kepala Kesbangpol Dewa Gede Putra Amerta menyampaikan berkaitan dengan daftar pemilih, Kesbangpol akan melakukan koordinasi mengenai hal tersebut, dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), di mana terlibat langsung didalamnya. (116)

Baca juga :  All New Xenia Siap Mengaspal di Bali

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini