Gubernur Sambut Baik Penerbangan Virgin Australia ke Bali

kos

Tuban, DenPost.id

Sempat berhenti beroperasi selama hampir dua tahun akibat pandemi covid-19, maskapai Virgin Australia kembali terbang ke Bali melelaui Bandara Ngurah Rai pada Rabu (15/6/2022). Pesawat dengan nomor penerbangan VA063 ini mendarat  dengan lancar di Bandara Ngurah Rai pukul 22.50, dan mengangkut 155 penumpang dengan pesawat Boeing 738.

Dalam seremoni inaugural flight Virgin Australia ini, hadir Gubernur Bali Wayan Koster; General Manager (GM) PT Angkasa Pura I Bandara Ngurah Rai Handy Heryudhitiawan, Konsul Jenderal (Konjen) Australia untuk Bali Anthea Griffin, dan Outsourced Operation Manager Virgin Australia Garth Evans.

Beroperasinya kembali Virgin Australia ini disambut baik oleh Gubernur Koster. Menurutnya, Australia merupakan salah satu negara yang memiliki pengaruh besar terhadap sektor pariwisata Bali. “Jumlah WNA tertinggi di Pulau Bali saat ini didominasi warga negara Australia. Untuk itu, kita sangat penting menjaga konektivitas antara Pulau Bali dengan Australia karena Bali sudah menjadi rumah kedua bagi warga Australia,” tegas Gubernur Bali tamatan ITB ini.

Senada dengan Koster, Konjen Australia Anthea Griffin menyatakan bersyukur karena maskapai Virgin Australia akhirnya dapat beroperasi kembali ke Bali. “Kami mengucapkan terima kasih atas sambutan hangat oleh masyarakat Bali terhadap kami, warga Australia,” ungkapnya.

Baca juga :  Sebuah Rumah di Pesagi Terbakar, Ini Nilai Kerugiannya

Pada Mei 2022, tercatat sebanyak 48 ribu warga Australia berlibur di Bali. Angka tersebut menjadikan Australia menjadi penyumbang WNA tertinggi di Pulau Dewata. Adapun jumlah WNA di Bali terbanyak berikutnya adalah Britania Raya dengan 15.341 orang dan India dengan 14.932 orang.

General Manager Bandara Ngurah Rai Handy Heryudhitiawan juga mengapresiasi atas beroperasinya Virgin Australia. “Sebelumnya kami melayani dua maskapai asal Australia yaitu Jet Star Airways dan Qantas dengan rute ke berbagai kota di Australia. Dengan kembalinya Virgin Australia, diharap dapat semakin meningkatkan lalu lintas udara antara Australia dengnan Indonesia,” jelasnya.

Australia merupakan salah satu negara dengan rute internasional terbanyak di Bandara Ngurah Rai. Saat ini terdapat sembilan rute menuju Australia yang dilayani oleh maskapai Jet Star Airways dan Qantas. Rute tersebut menuju enam kota besar yaitu Sydney, Melbourne, Brisbane, Darwin, Perth, dan Cairns. “Beroperasinya kembali Virgin Australia menjadi sinyal positif bagi kebangkitan sektor pariwisata, khususnya transportasi udara. Dengan kembalinya Virgin Australia ini diharap memantik maskapai-maskapai lain untuk beroperasi kembali setelah tidak beroperasi akibat terdampak pandemi,” tutup Handy.

Baca juga :  Tim Gabungan Razia Kendaraan Masuk Badung

Setelah parkir sebentar, pesawat Virgin Australia kembali terbang menuju Sydney pada Kamis pukul 23.50 dengan mengangkut 120 penumpang. Maskapai ini  beroperasi setiap hari di Bandara Ngurah Rai, dengan melayani rute penerbangan Sydney, Brisbane, dan Melbourne.

Sebelumnya Gubernur Koster dalam siaran pernya menyebut dengan meredanya kasus covid-19 dan tingginya capaian vaksin booster, menciptakan suasana yang nyaman, aman, dan kondusif bagi kunjungan wisatawan ke Bali. Dengan demikian jumlah wisdom dan wisman ke Bali semakin meningkat. “Sejak kunjungan wisman dibuka pada 14 Oktober 2021 dan berlakunya kebijakan baru pada 31 Mei 2022 yaitu tanpa karantina dan fasilitas Visa on Arrival (VoA) untuk 72 negara serta diberlakukan kebijakan bebas tes PCR atau tes antigen sebelum berangkat ke Bali, data menunjukkan bahwa kedatangan penerbangan internasional ke Bali dan jumlah kunjungan wisman maupun wisman terus meningkat,” ungkapnya.

Pada Mei 2022, menurut Koster,  terdapat 19 maskapai yang melayani penerbangan internasional ke Bali. Jumlah penerbangan itu pada 1 sampai 31 Mei 2022 mencapai 539 pesawat, dengan total penumpang wisman sebanyak 129.920 atau rata-rata 4.191orang per hari.  Sedangkan pada 1 sampai 13 Juni 2022 jumlah penerbangan internasional ke Bali mencapai 351 pesawat dengan total jumlah penumpang wisman sebanyak 76.770 atau rata-rata 5.905 orang/hari. Jika dilihat dari jumlah rata-rata per hari, kedatangan wisman dari Mei sampai pertengahan Juni 2022, meningkat sebanyak 41%. “Jumlah penerbangan domestik ke Bali dari 1 sampai 13 Juni 2022 terdapat 1.200 pesawat, dan total penumpang 145.254. Jika dilihat dari jumlah rata-rata kedatangan wisdom ke Bali ada sebanyak 11.173 per hari,” paparnya.

Baca juga :  Video Turis Asing Duel Ternyata Direkam Lima Bulan Lalu

Gubernur  asal Desa Sembiran, Buleleng, ini juga menyebut dalam rangka mempercepat pemulihan pariwisata dan perekonomian, Bali mengundang para wisdom dari berbagai daerah di Indonesia dan wisman dari berbagai negara. ‘’Datanglah beramai-ramai ke Bali, melihat keindahan alam, keramahtamahan masyarakat, dan keunikan budaya Bali. Kami memastikan Bali nyaman, aman, dan kondusif, untuk dikunjungi. Berkat restu alam, leluhur, lelangit Bali, dan guru-guru suci, serta kerja keras bersama dan kesadaran kolektif masyarakat, Bali bangkit kembali,” tandas Koster saat itu. (sug)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini