Ratusan Warga Meriahkan Hari Yoga Internasional di Denpasar

picsart 22 06 21 18 42 08 118
YOGA - Ratusan warga melaksanakan yoga, serangkaian peringatan Hari Yoga Internasional di Denpasar, Selasa (21/06/2022).

Renon, DENPOST.id

Sejumlah warga melaksanakan senam yoga serangkaian perayaan Hari Yoga Internasional ke-8 di Lapangan Puputan Margarana, Denpasar, Selasa (21/06/2022). Kegiatan yang dilaksanakan Konsulat Jenderal India di Bali, dan Pusat Kebudayaan Swami Vivekananda Bali, bekerjasama dengan Yog Mantra Bali, melibatkan ratusan penggemar yoga.

Tidak hanya dari Bali dan Indonesia, kegiatan dengan tema “Yoga for Humanity” ini juga diikuti sejumlah warga negara asing. Termasuk korps konsuler, komunitas India di Bali, akademisi, pejabat dan pakar yoga.

Konsul Jenderal India, Prakash Chand dalam sambutannya mengatakan Hari Yoga Internasional merupakan inisiatif Perdana Menteri India, Narendra Modi. India, yang didukung 177 negara, termasuk Indonesia, mengangkat sebuah resolusi untuk menetapkan 21 Juni sebagai Hari Yoga Internasional. Tahun ini, merupakan tahun kedua perayaan Hari Yoga Internasional, dalam mode luring di tengah pandemi Covid-19.

Namun sejak situasi pandemi kembali normal, pihak konsulat merayakan Hari Yoga Internasional tahun ini secara lebih besar di depan Monumen Perjuangan Rakyat Bali, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ketat.

Baca juga :  Ditinggal ke Tabanan, Rumah Terbakar

Prakash Chand menyambut baik acara yang melibatkan penggemar yoga. Ia menyambut baik acara itu, dan menekankan bahwa yoga melambangkan penyatuan tubuh dan kesadaran. Kata yoga yang berasal dari bahasa Sansekerta, memiliki makna menggabungkan atau menyatukan. Secara fisik, yoga adalah kesatuan tubuh, pikiran dan nafas. Secara spiritual, yoga adalah kesatuan energi individu dengan energi universal. Secara sosial, yoga adalah koneksi ke seluruh jiwa manusia. ‘’Jadi, yoga adalah ilmu tentang kesatuan, kita semua adalah satu dan perasaan ini adalah yoga,’’ katanya, seraya mengucapkan terima kasih kepada Yog Mantra Bali, atas dukungan dan kerjasama yang telah diberikan kepada Konsulat Jenderal India, Bali dalam menyelenggarakan Hari Yoga Internasional.

Baca juga :  Kasus Covid-19 di Denpasar Melonjak 293 Orang dan Enam Pasien Meninggal Dunia

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Bali, yang telah memberikan dukungan sepenuh hati untuk mensukseskan acara ini.

Sesi yoga dipimpin para guru yoga dari Yog Mantra Bali. Mereka melakukan sesi yoga dan meditasi yang dilanjutkan dengan Shanti Mantra sesuai standar protokol yoga umum yang berlangsung selama 45 menit. Turut hadir dalam kegiatan itu, Kadis Pariwisata Kota Denpasar, Dezire Mulyani, dan Anggota DPRD Kota Denpasar, AA Ngurah Gde Widiada. Acara ditutup dengan pengumuman beberapa doorprize menarik, antara lain program pelatihan guru yoga, 2 malam menginap di hotel bintang 5 di Bali, dan tiket pesawat pulang pergi ke Thailand dan Singapura, 500 kaos, matras yoga dan kotak makanan ringan. (105)

Baca juga :  Cegah Hoaks Soal Vaksin, Kesdam Sediakan Pusat Informasi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini