Menjelang Hari Raya Idul Adha, Telur Langka dan Harga Melambung

picsart 22 06 22 15 42 18 607
MAHAL - Harga telur menjelang Hari Raya Idul Adha makin langka dan mahal.

Negara, DENPOST.id

Harga telur menjelang Hari Raya Idul Adha makin langka dan mahal.
Sebelum Hari Raya Galungan dan Kuningan, harga telur sejatinya sudah meningkat namun tidak seperti sekarang ini yang melambung tinggi.

Dari pantauan di Pasar Umum Negara, Rabu (22/6/2022) harga telur di pedagang Rp 47.000 per krat. Sebelum Hari Raya Galungan dan Kuningan bahkan harganya mencapai Rp 50.000 per kerat.
Di sejumlah warung, telur tampak kosong. Hal ini disebabkan permintaan sangat tinggi.

Kenaikan harga telur diikuti dengan kenaikan harga ayam merah yang sampai saat ini sudah mencapai harga Rp 70.000 rupiah per ekor.
Meningkatnya harga telur dan ayam menurut informasi dikarenakan harga pakan mahal.
Sementara salah satu pedagang di Pasar Umum Negara, Pusaka, mengatakan, harga telur naik dikarenakan kebanyakan dikirim ke Pulau Jawa.

“Distributor telur kami mengatakan meningkatnya harga telur karena stok telurnya dikirim ke Pulau Jawa sehingga di sini harganya menjadi naik. Selain itu naiknya harga telur juga dipengaruhi harga pakan ayam mahal,” terangnya.

Baca juga :  Pencairan BPUM di BRI Bisa Sampai Desember 2021

Pusaka mengatakan, usai hari raya dia membeli telur Rp 47.000 rupiah per krat.
Dirinya menjual seharga RP 50.000 rupiah per krat. “Setelah hari raya ada penurun harga. Terkait isu kelangkaan stok telur, di pasar tidak terjadi kelangkaan. Berapa pun saya order pasti dapat, tidak tahu kalau di luar mungkin ada kelangkaan,” jelasnya.

Sugik, pedagang ayam merah di Pasar Umum Negara mengeluhkan harga ayam hari demi hari terus meningkat, mengikuti harga telur dikarenakan harga pakan ternak mahal. Untuk harga ayam merah dirinya membeli sebelum hari raya harganya Rp 50.000 per ekor sampai Rp 55.000 per ekor. Akan tetapi sehabis hari raya Galungan dan kuningan harganya terus melambung naik tembus mencapai Rp 70 ribu per ekor.

Baca juga :  Tiga Pasien Sembuh di Jembrana Dipulangkan

Koordinator Pasar Umum Negara, I Ketut Mertayasa, mengatakan, terkait isu adanya kelangkaaan telur, di Pasar Umum Negara hingga hari ini tidak terjadi kelangkaan.
Namun dia mengakui harga ayam merah sehabis hari raya terus meningkat tajam.(120)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini