Danau Buyan Diharapkan Terus Berkembang

picsart 22 06 24 15 06 14 350
TEBAR BENIH - Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, saat memimpin Gerakan Bali Resik dan Tebar Benih Ikan di Danau Buyan, Desa Pancasari, Kecamatan Sukasada, Jumat (24/6/2022).

Singaraja, DENPOST.id

Agar menjadi destinasi wisata yang berpengaruh, Danau Buyan diharapkan terus dikembangkan.
“Berbagai upaya harus terus dilakukan untuk melestarikan dan mengembangkan Danau Buyan ini,” kata Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyaba, saat ditemui usai memimpin Gerakan Bali Resik dan Tebar Benih Ikan di Danau Buyan, Desa Pancasari, Kecamatan Sukasada, Jumat (24/6/2022).

Agus Suradnyana menjelaskan, Pemkab Buleleng sebenarnya sudah mendesain Danau Buyan sedemikian rupa sampai ke daerah Dasong. Dalam desain tersebut direncanakan ada fasilitas rumah pohon, sehingga bisa memberi kontribusi baik sebagai destinasi yang dituju wisatawan maupun penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang maksimal ke depan. “Cuma karena ada keterbatasan anggaran karena dihantam pandemi Covid-19, pengembangan masih ditunda. Desainnya sudah sangat komprehensif,” jelas dia.

Baca juga :  Pramuka Buleleng Gelar Serbuan Vaksinasi Booster

Meski begitu, pengembangan juga dilakukan dengan melibatkan desa dinas dan desa adat bekerjasama dengan Pemkab Buleleng. Sementara dibangun dengan model pemanfaatan lahan untuk trek lari ringan dan tempat kemah. Pembangunan dilakukan dengan memanfaatkan limbah proyek jalan baru Singaraja-Mengwitani. Untuk saat ini, Danau Buyan sudah ditata dengan rapi dan bersih. “Saya sangat berterima kasih masyarakat sudah mau bersinergi dengan pemerintah khususnya Pemkab Buleleng,” ucap Agus Suradnyana.

Disinggung mengenai pelestarian lingkungan di sekitar Danau Buyan, Agus Suradnyana mengungkapkan sosialisasi telah diberikan kepada masyarakat agar tidak membuat jaring di danau. Termasuk tidak membuat keramba. Dengan tidak adanya pembuatan jaring dan keramba, mencegah pendangkalan terjadi di Danau Buyan. Kemudian, bersinergi dengan Balai Wilayah Sungai (BWS) Bali Penida untuk menghilangkan gulma yang ada. “Ke depan kerjasama dengan Bali juga akan terus ditingkatkan,” katanya. (118)

Baca juga :  Pangdam Bantu Pompa Hidram, Gubernur Bagi Sembako

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini