Puluhan Ekor Anjing di Zona Merah Rabies Divaksin

picsart 22 06 24 18 46 47 744
VAKSIN HPR - Vaksinasi dan sterilisasi HPR yang dilaksanakan di Desa Baluk, Kecamatan Negara.

Negara, DENPOST.id

Guna mencegah penyebaran rabies yang makin meningkat di Jembrana, Dinas Pertanian dan Pangan Jembrana melaksanakan vaksinasi dan sterilisasi. Puluhan ekor hewan penular rabies (HPR) di zona merah rabies divaksin dan disterilisasi, Jumat (24/6/2022).

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Jembrana, I Wayan Sutama menjelaskan pihaknya menargetkan vaksinasi rabies di seluruh Jembrana di atas 70 persen untuk menciptakan kekebalan kelompok dari penularan rabies. Selain vaksinasi rabies secara massal terhadap HPR untuk mencegah penyebaran rabies.

Baca juga :  Masa Kampanye, Bawaslu Masih Temukan Pelanggaran Prokes

Dikatakan dia,,saat ini pihaknya menyasar desa zona merah rabies. Salah satunya vaksinasi dilaksanakan di Desa Baluk, Kecamatan Negara. Di Desa Baluk, saat vaksiansi dan sterilisasi sebanyak 35 ekor HPR divaksin dan 42 ekor HPR disterilkan. Sedangkan hasil sterilisasi di Kelurahan Gilimanuk sebanyak 44 ekor. Hasil vaksinasi rabies stasioner sebanyak 69 ekor.

Vaksinasi rabies massal, menggunakan tambahan vaksin rabies dari Pemerintah Provinsi Bali, sebanyak 3.000 dosis. Dengan jumlah vaksin rabies tersebut, untuk memperluas cakupan vaksinasi HPR Jembrana yang baru 30 persen dari jumlah sekitar 46 ribu HPR.

Baca juga :  Demi Berebut Jembrana 1, Prihenjagat Rela Lepas Jabatan

Untuk memperluas cakupan vaksinasi rabies pada HPR, Dinas Pertanian dan Pangan Jembrana meminta tambahan vaksin lagi ke Provinsi Bali. Rencananya pada Agustus mendatang, akan ditambah lagi 17 ribu dosis vaksin rabies. (120)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini