Gubernur Koster Lepas Kontingen KORMI Bali Menuju Fornas Palembang

kostrku
LEPAS KONTINGEN KORMI - Gubernur Bali Wayan Koster melepas keberangkatan KORMI Bali menuju Fornas VI di Palembang, Sumsel, Jumat (24/6/2022). Gubernur didampingi Kadisdikpora Bali K.N.Boy Jayawibawa dan Ketua Kontingen KORMI Bali, Sudiro. (DenPost/ist)

DenPasar, DenPost.id

Gubernur Bali Wayan Koster, Jumat (24/6/2022), melepas keberangkatan Kontingen Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Bali di Jayasaba, Denpasar, menuju Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) VI di Palembang. Saat itu Gubernur Kadisdikpora Provinsi Bali K.N.Boy Jayawibawa dan Ketua Kontingen KORMI Bali, Sudiro.

Dalam kesempatan itu Gubernur Bali menyampaikan atas nama pribadi dan Pemprov Bali, mengucapkan selamat dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh atlet/pegiat yang terpilih mewakili Provinsi Bali untuk berjuang dalam Fornas VI Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel). “Saya yakin anggota Kontingen KORMI Bali yang berjumlah 196 orang (152 atlet/pegiat dan 44 pelatih/official), telah mempersiapkan diri dengan baik. Semangat juang yang tinggi adalah modal dasar yang paling penting untuk atlet/pegiat yang akan berlaga,” tegas Gubernur asal Desa Sembiran, Buleleng ini.

Dia berharap kesiapan, optimisme, dan tekad yang bulat, seluruh atlet/pegiat, pelatih, dan official kontingen KORMI Bali, dapat mewujudkan prestasi yang gemilang. Setelah melalui persiapan yang cukup matang, sekaranglah saatnya kontingan Bali menunjukkan prestasi guna mengharumkan nama Provinsi Bali dalam Fornas VI Palembang, Sumsel ini.

Wayan Koster yang tercatat dalam sejarah menyelesaikan Undang – undang No.3 Tahun 2005 tentang sistem keolahragaan nasional ini lebih lanjut menyatakan Fornas adalah kejuaraan olahraga nasional yang diselenggarakan pemerintah setiap dua tahun sekali dan diikuti oleh seluruh provinsi. “Kepada KORMI Bali sebagai pembina olahraga rekreasi di Bali, saya harap memanfaatkan kesempatan ini untuk menunjukkan secara nasional upaya pembinaan olahraga yang dilakukan dengan baik selama ini, “ papar Gubernur tamatan ITB ini.

Baca juga :  Kasus Positif Covid-19 Tertinggi, Pemkot Diminta Tegas

Seperti diketahui pada penyelenggaraan Fornas V Tahun 2019 di Kalimantan Timur, KORMI Bali menempati peringkat ke-8 dari 34 provinsi, dengan perolehan 10 medali (enam medali emas, dua medali perak dan dua medali perunggu). “Saya menyadari bahwa untuk mempertahankan prestasi tersebut cukup berat, karena setiap provinsi peserta Fornas VI Palembang tentu akan berusaha mempersiapkan segala sesuatunya dengan maksimal untuk meningkatkan prestasi, termasuk meningkatkan peringkat agar berada di atas. Namun saya yakin, dengan semangat para atlet/pegiat, pelatih, serta dukungan seluruh masyarakat Bali, Kontingen KORMI Bali dapat mempertahankan dan meningkatkan prestasi,” ungkap mantan anggota DPR RI tiga periode dari Fraksi PDI Perjuangan Provinsi Bali ini, yang disambut tepuk tangan hadirin.

Baca juga :  Lagi, Denpasar Tambah 10 Kasus Positif Covid-19, 3 Orang Merupakan Pedagang Pasar Kumbasari 

Gubernur Koster juga berpesan kepada para atlet/pegiat, pelatih dan official, agar senantiasa menjunjung tinggi semangat sportivitas olahraga sesuai Undang-undang No.11 Tahun 2022 tentang keolahragaan, yaitu menjadikan olahraga sebagai salah satu unsur pembangunan nasional dalam membentuk peningkatan kualitas hidup manusia Indonesia secara jasmaniah, rohaniah, dan sosial, dalam mewujudkan masyarakat yang maju, adil, makmur, sejahtera, dan demokratis berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. “Olahraga dapat mencerminkan karakteristik individu, daerah, dan negara. Jadi manfaatkan momen Fornas VI Palembang ini untuk meraih prestasi yang tinggi, agar memberikan kebanggaan dan mengharumkan Bali di kancah nasional. Saya juga berharap supaya menjaga nama baik daerah Bali dengan menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas, kejujuran, serta bertingkah laku yang baik, dan sopan. Kepada seluruh anggota kontingen, saya berharap agar senantiasa menjaga kesehatan, kekompakan, kebersamaan, serta saling bekerja sama dengan baik sesuai tugas dan tanggung jawab masing- masing, sehingga dapat bertanding guna meraih prestasi terbaik di ajang Fornas VI Palembang,” pesan Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali ini dengan nada semangat.

Baca juga :  CFD Denpasar Dihentikan

Dia terus motivasi atlet peraih medali emas. Gubernur juga akan siapkan bonus senilai Rp 25 juta bagi peraih medali emas, sedangkan peraih medali perak mendapat bonus Rp 15 juta, dan peraih medali perunggu disiapkan bonus Rp 10 juta.

Ketua Kontingen KORMI Bali, Sudiro, melaporkan pada Fornas VI akan dari 1 hingga 7 Juli mendatang, dengan tempat perlombaan yang tersebar di 18 venue di Komplek Jakabaring Sport City seperti veneu panahan, OPI Mall Jakabaring, PTC Mall, Palembang Square, GOR Ranau, GOR Dempo, hingga Lapangan VIP Perbakin. “Semoga dengan kekuatan kontingen yang kita miliki dan di tengah persaingan antar-induk olahraga serta Kormida yang semakin ketat, kami dapat mewujudkan target akumulasi perolehan 34 medali. Untuk itu, kami menghaturkan terimakasih atas perhatian dan dukungan Bapak Gubernur Bali Wayan Koster,” pungkasnya. (dwa)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini