Melasti dan Mepepada di Pura Goa Lawah, Klungkung

adat
MELASTI - Upacara melasti/mekiyis lan mepepada serangkaian pujawali di Pura Sad Kahyangan Goa Lawah, Desa Pesinggahan, Dawan, Klungkung, pada Minggu (26/6/2022).

Klungkung, DenPost.id

Serangkaian pujawali di Pura Sad Kahyangan Goa Lawah, Desa Pesinggahan, Dawan, Klungkung, pada Minggu (26/6/2022) dilaksanakan  upacara melasti/mekiyis lan mepepada. Krama mengusung pralingga atau pratima Ida Bhatara dan segala perlengkapan persembahan suci,  dengan hati yang tulus ikhlas, tertib dan hidmat menuju hikmah, lautan, danau atau mata air lain yang dianggap suci.

Menurut Bendesa Pura Goa Lawah, dr.Bagus Darmayasa, upacara dilaksanakan dengan sembahyang bersama menghadap laut. Setelah upacara melasti, pratima dan segala perlengkapannya diusung ke utama mandala Pura Goa Lawah.

Baca juga :  Anak-anak Penjual Tisu Tidur di Kolong Jembatan, Suwirta Rencanakan Ini

Melasti merupakan upacara ritual umat Hindu Bali yang bertujuan membersihkan lahir bathin manusia (bhuana alit)  dan alam (bhuana agung) dengan jalan menghanyutkan segala leteh /kotor dengan menggunakan tirta amertha. Sedangkan upacara mapepada yakni rangkaian korban suci berbagai jenis binatang yang dibutuhkan untuk melengkapi rangkaian upacara karya mamungkah, nubung daging dan ngenteg linggih. (yad)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini