8 Juni 2022, Puncak Piodalan di Pura Uluwatu

senin joko
I Gusti Ngurah Jaka Pratidnya

Mangupura, DenPost.id

Pada Selasa (28/6/2022) atau Anggara Kasih Medangsia adalah puncak piodalan di Pura Luhur Uluwatu di Desa Adat Pecatu, Kuta Selatan, Badung. Menurut Pangempon Pura Luhur Uluwatu, yang juga Pangelingsir Puri Agung Jro Kuta, I Gusti Ngurah Jaka Pratidnya, S.H., Sabtu (25/6/2022), selama Ida Bhatara nyejer hingga Jumat (1/7/2022), persembahyangan umat tetap dilakukan dengan menerapkan prokes, khususnya wajib mengenakan masker, mencuci tangan dengan sabun, dan mengatur jarak.

Baca juga :  Ida Bagus Made Sunarta Dipalebon 7 Februari

Menurutnya Turah Joko – panggilan akrab I Gusti Ngurah Jaka Pratidnya–piodalan diawali dengan prosesi pengempon mundut Ida Bhatara Sakti dari Pura Prerepan Pecatu, dengan jalan kaki ke Pura Uluwatu. Sedangkan puncak piodalan dimulai pukul 09.00 dan di-puput sulinggih yakni Ida Pedanda Gede Arimbawa dan Ida Pedanda Gede Dalem. Selama nyejer juga katurang bhakti panganyar yang di-puput Ida Pedanda Gede Alangkajeng dan Ida Pedanda Gede Made Karang. Penyineban dilakukan pukul 10.00 pada Jumat (1/7/2022) dengan di-puput Ida Pedanda Gede Telaga. Untuk itu, umat diharapkan tangkil menyesuaikan diri agar tak terjadi kemacetan dan kepadatan para pamedek.

Pangempon dan pangemong pura, menurut Turah Joko, tetap menyiapkan masker, tempat mencuci tangan, dan pengaturan pamuspan. Sedangkan pengaturan jarak dilakukan mandiri. Untuk menjaga ketertiban, jaba dalem pura diprioritaskan bagi persembahyangan pemangku dan sulinggih, sedangkan di jaba tengah untuk masyarakat umum.

Turah Joko juga mengingatkan agar umat yang tangkil tak membawa tempat tirta dari bahan plastik. Termasuk agar tak membawa perhiasan berlebih supaya tak dirampas kawanan kera uluwatu. (kmb)

Baca juga :  Korupsi Ratusan Juta, Mantan Kelian Subak Terancam 20 Tahun Penjara

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini