Pujawali di Pura Luhur Uluwatu Digelar Seperti Biasa Tanpa Mengurangi Prokes

picsart 22 06 28 20 06 14 110
PUJAWALI - Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta, didampingi Sekda Wayan Adi Arnawa, saat melaksanakan bhakti penganyaran serangkaian pujawali di Pura Luhur Uluwatu, Selasa (28/6/2022).

Pecatu, DENPOST.id

Pujawali di Pura Luhur Uluwatu dilaksanakan, Selasa (28/6/2022). Prosesi puncak pujawali, diawali dengan mundut Ida Batara Sakti dari Pura Pererepan dengan berjalan kaki menuju Pura Luhur Uluwatu.

Puncak pujawali dipuput Ida Pedanda Gede Sari Arimbawa dari Griya Sari Denpasar, dan Ida Pedanda Gede Putra Dalem dari Griya Dalem Sibang Badung. Ida batara akan nyejer selama tiga hari hingga upacara penyineban pada, Jumat 1 Juli 2022.

Penglingsir Puri Agung Jro Kuta, I Gusti Ngurah Jaka Pratidnya, selaku Pengempon Pura Uluwatu memaparkan pujawali kali ini, digelar seperti biasa. Namun demikian tetap tanpa mengurangi penerapan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19.

Lebih jauh diharapkan Tu Rah Joko—sapaan akrab IGN Jaka Pratidnya, dengan adanya pelonggaran saat ini, para umat agar bisa mempersiapkan diri dan mentaati apa yang telah ditetapkan, sehingga pelaksanaan pujawali berjalan lancar. “Selama pelaksanaan pujawali, kami pengempon dan pengemong tetap bersinergi dengan Pemkab Badung,” ujarnya.

Baca juga :  Pencarian Pemancing Tergulung Ombak Masih Nihil Ditemukan

Sementara Bendesa Pecatu, I Made Sumerta menambahkan berbagai persiapan sudah dilakukan terkait pelaksanaan pujawali yang puncaknya pada anggara kasih medangsia, seperti paruman bersama pengempon Pura Uluwatu dan Penglingsir Puri Jro Kuta, Puri Celagi Gendong, dan prajuru desa adat pada H-9.

Pada hari ini, Pemerintah Kabupaten Badung melaksanakan bhakti penganyaran serangkaian pujawali di Pura Luhur Uluwatu. Bhakti penganyaran dipimpin Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta, serta turut dihadiri Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa; Ketua DPRD Badung, Putu Parwata; Sekda Badung, I Wayan Adi Arnawa beserta istri, kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Badung, Camat Kuta Selatan, Bendesa Adat Pecatu, Penglingsir Jero Agung Kuta, serta para pemedek.

Baca juga :  Kelihan dan Prajaru Desa Adat Jimbaran Dikukuhkan

Pada kesempatan tersebut, Bupati Giri Prasta dan jajaran melaksanakan persembahyangan bersama dengan pemedek, dilanjutkan dengan penyerahan punia sebesar Rp200 juta yang diterima panitia karya. “Kami selaku pemerintah dan juga selaku pengempon Pura Sad Kahyangan Pura Luhur Uluwatu mempunyai kewajiban bagaimana kita umat sedharma melaksanakan kewajiban ini. Karena pujawali yang dipuput ida sulinggih dan para pemangku walinya adalah seka tetamburan begitu juga ada topeng Sidakarya dan sebagainya, sehingga kami pun selaku pemerintah hadir membantu pelaksanaan pujawali ini. Astungkara pujawali hari ini berjalan dengan lancar side sidaning don labda karya dan krama pemedek mendapatkan kesejahteraan gemah ripah loh jinawi tentram lan kerta raharja sagilik saguluk salulung sabayantaka,” ungkapnya. (113)

Baca juga :  11 Pelanggar Prokes Terjaring di Pecatu

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini