Bursa Kerja Diharapkan Bisa Cetak Tenaga Kerja Andal

picsart 22 06 29 17 07 12 454
BURSA KERJA - Suasana bursa kerja (job fair) di Gedung, Mr. I Gusti Pudja, eks Pelabuhan Buleleng, Rabu (29/6/2022).

Singaraja, DENPOST.id

Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnya berharap kegiatan bursa kerja (job fair) tahun ini bisa mencetak tenaga kerja andal yakni memiliki kualitas dan daya saing.
Hal itu disampaikannya usai membuka Buleleng Job Fair Tahun 2022 yang diselenggarakan Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Buleleng, di Gedung Mr. I Gusti Pudja Emeks Pelabuhan Buleleng, Rabu (29/6/2022).

Bupati yang akrab disapa PAS itu menegaskan, pemberi kerja atau pembisnis harus mampu menciptakan inovasi baru sesuai dengan tren pasar di negara-negara maju saat ini.
“Memang ada hal-hal yang harus kita lihat mana yang boleh atau tidak. Karena kita masih tetap menjaga budaya Bali sebagai pakem pariwisata Bali. Tapi mau tidak mau pasti berkembang karena gaya hidup sudah begitu,” ujarnya.

Baca juga :  Pohon Tumbang dan Longsor Macetkan Jalur Singaraja - Bedugul

Sementara itu, di tempat yang sama, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Buleleng, Komang Sumertajaya, mengatakan, job fair ini merupakan arahan dari Kementerian Tenaga Kerja agar semua daerah melaksanakannya.

“Jadi, kita fasilitasi job fair ini. Kita pertemukan di sini antara pencari kerja dengan pemberi kerja. Mudah-mudahan job fair ini bisa dimanfaatkan untuk mencari pekerjaan,” harapnya.

Sumertajaya menekankan agar kualitas pencari pekerjaan bisa lebih ditingkatkan dengan cara mengikuti pelatihan dari Lembaga Pelatihan Kerja (LPK). Dengan mengikuti pelatihan itu, potensi dan kualitas pencari kerja bisa terlihat dan mampu bersaing nantinya di pasar kerja.

Baca juga :  Di Buleleng, Ribuan Nakes akan Divaksin Booster Kedua

Kegiatan job fair ini disambut baik salah satu pengunjung dari Desa Kaliasem, Kadek Edi Suarnaya. Ia mengatakan, di job fair ini banyak pilihan pekerjaan yang ditawarkan penyedia pekerjaan dari masing-masing perusahaan.

“Di sini banyak ada pilihan pekerjaan. Kita bisa datang ke sini tanpa harus mendatangi perusahaan secara individu. Ini menghemat waktu dan ongkos,” katanya.

Edi Suarnaya berharap, dengan diselenggarakannya job fair ini dapat mengurangi pengangguran di Kabupaten Buleleng.

Baca juga :  Kosumsi Obat Kuat, Pekak Tewas di Penginapan P. Obi

Untuk diketahui, Job Fair Tahun 2022 ini akan terselenggara selama 3 hari, yaitu mulai tanggal 29 Juni sampai 1 Juli 2022. Sebanyak 20 perusahaan akan dilibatkan di sini untuk dapat menyerap 2.980 tenaga kerja. (118)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini