Pantai Gunung Payung Dirancang Jadi Destinasi Berkualitas

picsart 22 07 08 17 26 57 944
GUNUNG PAYUNG - Pantai Gunung Payung yang ditata jadi destinasi berkualitas.

Kutuh, DENPOST.id

Kawasan Pantai Gunung Payung belakangan semakin ramai dikunjungi. Hal ini terkait penataan yang terus dilakukan pihak Desa Adat Kutuh melalui badan perencanaan dan pengembangan DTW Pantai Pandawa. Karena kawasan Gunung Payung berada di lingkup DTW Pantai Pandawa.

Terbaru penataan infrastruktur terus dikembangkan di kawasan pantai yang masih alami tersebut. Pantauan di lokasi, Jumat (8/7/2022), kawasan yang dulunya hanya bisa dijangkau dengan anak tangga yang cukup terjal kini sudah ditata menjadi jalan yang berliku dan menantang. Namun untuk menjangkau Pantai Gunung Payung yang indah ini pengunjung kini difasilitasi shuttle bus oleh pengelola yang siap mengantar-jemput ke bawah. Dengan melalui rute di tebing sepanjang pinggir pantai, pengunjung bisa menikmati indahnya hamparan pantai yang luas dan membiru.

Baca juga :  Pengguna Tol Diprediksi Meningkat, JBT Siaga Lebaran

Di kawasan pantai yang tidak begitu luas ini terdapat gua-gua kecil untuk duduk santai sembari menikmati indahnya deburan ombak yang tidak begitu besar.
Di kawasan yang berlokasi jauh di bawah tebing ini kini juga sudah ada sebuah restoran yang dikelola oleh banjar. Ini merupakan satu-satunya resto yang boleh ada di sana untuk pengunjung bersantai sambil menikmati hidangan sembari memandang pantai dan pasir putih.

Menurut Kepala Bidang Perencanaan dan pengembangan DTW Pandawa, Wayan Duartha, kawasan Pantai Gunung Payung memang ditata khusus. Di sekeliling pantai ini dibiarkan masih alami dengan tebing batu karangnya. Wisatawan atau pengunjung yang ke sana juga diharapkan nantinya tidak terlalu banyak karena kawasan tersebut diharapkan menjadi objek wisata yang berkualitas. “Kami memang merancang tempat ini nantinya menjadi kawasan yang berkualitas. Tentunya dengan meningkatkan fasilitas yang ada. Termasuk dengan harga tiket khusus,” paparnya.

Baca juga :  Kunjungan Wisata Dolphin Lovina Meningkat

Kenapa hanya ada satu restoran di sana? Ditanya begitu Duartha mengungkapkan, hal ini untuk menghindari terjadinya persaingan yang tidak sehat. Dikatakannya, di Desa Adat Kutuh ada 4 banjar dan masing-masing sudah mendapatkan tempat. 3 di antaranya berada di kawasan Pantai Pandawa. “Pengunjung yang suka berswafoto atau berselancar di media sosial bisa memanfaatkan banyak momen di sini. Baik di restoran, di tebing atau juga di pantai. Termasuk yang mau melakukan foto prewedding,” paparnya.

Baca juga :  Polsek Gianyar Sidak Minyak Goreng

Nantinya kawasan ini juga akan ditata agar bisa dikunjungi di malam hari. Selain itu beberapa spot juga ditata untuk kegiatan kamping atau glamping. “Sensasinya pasti sangat berbeda. Kami juga akan tata sebagai kawasan yang ‘instagramable’ istilah sekarang,” imbuhnya.

Salah seorang pengunjung, Bayu mengaku selama ini yang diketahuinya hanya ada Pantai Pandawa. “Ini luar biasa dan berbeda suasananya yang indah dan alami,” ujarnya. Dia yakin kawasan itu akan cepat terkenal karena banyaknya tempat berfoto yang bisa dijajal. “Biasanya kalau banyak spot foto yang indah pasti akan dicari pengunjung.
Apalagi kawasan ini hanya bisa dijangkau melalui shuttle, sehingga tidak krodit dan infrastrukturnya terjaga alami,” pungkasnya. (113)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini