Di Buleleng, 2.000 Vaksin PMK Tersalurkan

picsart 22 07 11 17 24 35 999
Kepala Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Buleleng, I Made Sumiarta

Singaraja, DENPOST.id

Penyakit mulut dan kuku (PMK) yang merebak akhir-akhir ini menjadi perhatian serius Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng. Ribuan dosis vaksin terus didatangkan untuk melindungi hewan ternak sehat dari penyebaran PMK yang lebih luas lagi.

Kepala Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Buleleng, I Made Sumiarta, Senin (11/7/2022) mengungkapkan, sebanyak 2.000 dosis vaksin telah habis disalurkan kepada hewan ternak sehat pada radius 3 sampai 10 kilometer dari wilayah kasus yaitu Desa Lokapaksa dan Desa Pejarakan.
Tidak hanya itu, sebanyak 5.000 dosis vaksin juga telah didatangkan dari bantuan pemerintah pusat untuk menggenjot jumlah hewan ternak sehat yang tervaksinasi.

Baca juga :  Awal Tahun, DPRD Buleleng Donor Darah

“Total di Buleleng sebanyak 7.000 dosis vaksin akan disalurkan kepada hewan ternak,” imbuhnya.

Selain vaksinasi, cairan disinfektan juga disalurkan kepada para peternak untuk menjaga kandang dari potensi terpapar PMK. Sebanyak 2.000 liter cairan disinfektan disiapkan bersinergi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Buleleng dan Provinsi Bali.

“Selain itu, juga disiapkan bantuan sprayer sebanyak 12 unit,” sambungnya.

Sedangkan untuk hewan ternak yang terpapar, Sumiarta sedang menyiapkan skema pemotongan bersyarat untuk hewan ternak yang terpapar. Hal itu dilakukan sembari menunggu regulasi dari pemerintah pusat terkait kompensasi yang diterima pemilik hewan ternak yang terdampak. (118)

Baca juga :  Kasus Tewasnya Pemilik Warung di Depeha Belum Terungkap

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini