Jembrana Gencarkan Vaksin PMK dan Penyemprotan Disinfektan

picsart 22 07 11 17 32 39 772
PENYEMPROTAN - Petugas menyemprotkan cairan disinfektan ke kandang-kandang ternak di Jembrana.

Negara, DENPOST.id

Pecegahan meluasnya penyakit mulut dan kuku (PMK) terus dilakukan. Di wilayah Jembrana, vaksinasi massal dan penyemprotan disinfektan gencar dilakukan. Senin (11/7/2022), vaksinasi massal dilaksanakan serentak di lima titik di Kecamatan Mendoyo, Kecamatan Negara dan Kecamatan Melaya.

Di Kelurahan Tegalcangkring, Kecamatan Mendoyo, vaksinasi PMK dan penyemprotan dilakukan Bidang Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Pangan Jembrana bersama perangkat desa dengan pengamanan dari Bhabinkamtibmas dan Babinsa setempat.
Vaksinasi menyasar radius titik pusat ternak yang ditemukan suspect PMK.

Baca juga :  Kejar Target, Pembeli Ikan di TPI Dibekali Kartu

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Jembrana, I Wayan Sutama, mengatakan, vaksinasi secara serentak ini menyasar lima desa yang diketahui ada indikasi suspect PMK yakni Nusasari, Manistutu, Banyubiru, Pergung dan Tegalcangkring. “Total saat ini kita ada 2.000 dosis vaksin, tapi rencana akan tambah lagi,” katanya.

Pihaknya berharap masyarakat mengikuti upaya pemerintah dalam memutus penularan baik itu sterilisasi kandang maupun menjaga kesehatan ternak. Bilamana ada ditemukan ciri ternak yang mengarah PMK untuk segera melaporkan.
Rencananya Kabupaten Jembrana akan mendapatkan bantuan vaksin hingga 15 ribu dosis. (120)

Baca juga :  Aksi Pembalakan Hutan di Sarikuning Digerebek

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini