472 Siswa SMK TI Bali Global Denpasar Ikuti MPLS

otak
KALUNGKAN NAMETAG - Kepala SMK TI Bali Global Denpasar, Drs. I Gusti Made Murjana, M.Pd., mengalungkan nametag kepada perwakilan peserta didik baru sebagai tanda dimulainya MPLS SMK TI Bali Global Denpasar Tahun Pelajaran 2022/2023, Senin (11/7/2022). (DenPost.id/ist)

Kereneng, DenPost.id

Tahun pelajaran 2022/2023, SMK TI Bali Global Denpasar menerima 472 peserta didik baru. Untuk memperkenalkan lingkungan internal dan eksternal sekolah, mereka diwajibkan mengikuti kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Kegiatan yang juga dikenal sebagai Masa Orientasi Siswa (MOS) ini digelar selama enam hari.

Kegiatan MPLS secara resmi dibuka oleh Pembina Yayasan Widya Dharma Shanti Prof. Dr. I Made Bandem, M.A., didampingi Kepala SMK TI Bali Global Denpasar Drs. I Gusti Made Murjana, M.Pd., di GOR Basket Indoor KONI Bali, Kereneng, Denpasar Utara, Senin (11/7/2022). Pembukaan yang ditandai dengan pemukulan gong ini juga dihadiri Sekretaris Yayasan Lilis Yuningsih, S.H., M.M.Kom., Komite Sekolah M.Samaudin, S.E.,M.M.Kom., serta seluruh panitia MPLS tahun pelajaran 2022/2023.

Kepala SMK TI Bali Global Denpasar I Gusti Made Murjana mengatakan bahwa MPLS berlangsung hingga 16 Juli nanti. Selama empat hari siswa akan diberikan materi terkait kepemimpinan, perkembangan IT, kesehatan, dan tata karma, serta karakter disiplinan yang menghadirkan narasumber dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Bali, kepolisian, Dinas Kesehatan, dan internal SMK TI Bali Global Denpasar. Untuk dua hari berikutnya, para siswa diperkenalkan dengan lingkungan sekolah SMK TI Bali Global Denpasar di Jl.Tukad Citarum No.44, Denpasar.

Murjana menambahkan jumlah peserta didik yang mendaftar tahun pelajaran 2022/2023 ini sebanyak 605, dan yang sudah registrasi serta mengikuti MPLS sebanyak 472 siswa. Tujuan MPLS yakni menumbuhkan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang merupakan kebijakan pendidikan terintegrasi dalam Gerakan Nasional Revolusi Mental yaitu perubahan cara berpikir, bersikap, dan bertindak menjadi lebih baik dengan nilai-nilai utama PPK (religius, nasionalis, mandiri, gotong royong dan integritas). Setelah para siswa bergabung di SMK TI Bali Global Denpasar, nilai-nilai ini agar ditanamkan dan dipraktikkan melalui sistem pendidikan nasional untuk diketahui, dipahami, dan diterapkan. Hal itu terutama dalam memberikan kepuasan layanan, berperilaku baik, disiplin, komitmen untuk menerapkan budaya sekolah 5 S (senyum, salam, sapa, sopan dan santun), serta mempunyai karakter yang tertuang dalam 18 karakter bangsa.

Baca juga :  Pelanggan Pasar Badung Disemprot Disinfektan

Menurut Murjana, SMK TI Bali Global Denpasar berkomitmen terus mencetak generasi-generasi yang andal dan kompeten dalam bidang teknologi dengan lima jurusan yang berfokus pada komputer. Jujuran itu yakni Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), Multimedia (MM), Desain Komunikasi Visual (DKV), dan Animasi (AN). Bahkan kualitas lulusan SMK TI Bali Global Denpasar telah berkarakter, unggul, berbudaya, dan tetap eksistensi dalam bidang pendidikan, serta sejalan dengan tujuan pendidikan nasional di bawah naungan Yayasan Widya Dharma Shanti yang didirikan oleh Prof. Dr. I Made Bandem, M.A., Drs. Ida Bagus Dharmadiaksa, M.Si.,Ak., Dr. Dadang Hermawan, dan Drs. Satria Dharma.

Baca juga :  Pendidikan Informal Juga Bagian Pembangunan Bali

Pembina Yayasan Widya Dharma Shanti, Prof. I Made Bandem mengaku gembira dan bangga karena banyak peserta didik yang memilih SMK TI Bali Global Denpasar untuk menuntut ilmu, khususnya di bidang IT. Dia menambahkan peran IT sangat penting untuk kehidupan masa kini dan ke depan. Kehidupan ke depan berpola pada tiga hal yaitu teknologi, bisnis dan kebudayaan. “Saya harapkan peserta didik baru ini tetap disiplin, belajar dengan baik, punya impian, dan saya yakin mereka sukses ke depan, karena ketiga hal ini (teknologi, bisnis, dan kebudayaan) sangat dibutuhkan untuk kebutuhan hidup saat ini dan ke depan,” pungkas Prof. Bandem. (kmb)

Baca juga :  Danrem Semangati Satgas Covid-19 di Sesetan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini