Pelaku Pariwisata di Nusa Penida Wajib Kantongi Sertifikat Booster

picsart 22 07 12 19 14 46 696
VAKSIN BOOTER - Pelaksanaan vaksinasi booster di Desa Kamasan, Klungkung, belum lama ini.

Semarapura, DENPOST.id

Mulai 17 Juli 2022, vaksinasi Covid-19 dosis ketiga atau booster akan menjadi salah satu syarat bagi pelaku perjalanan dalam negeri. Menindaklanjuti ketentuan yang tertuang dalam SE Satgas Nomor 21 tahun 2022 Mengenai Ketentuan Pelaku Perjalanan Dalam Negeri tersebut, Pemkab Klungkung akan mengebut capaian vaksinasi booster.

Apalagi hingga saat ini capaian vaksinasi booster di Kecamatan Nusa Penida yang kerap didatangi wisatawan masih di bawah target nasional, yakni 70 persen.

Baca juga :  Minggu Ini, Vaksinasi Dosis Satu di Abiansemal Ditarget Tuntas

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta ketika dikonfirmasi tidak menampik kalau capaian vaksinasi booster di wilayah Klungkung, baru mencapai angka 66 persen. Sejak vaksinasi booster dimulai, mulanya target masih ditetapkan di angka 50 persen, kemudian baru ditingkatkan menjadi 70 persen.

Dengan adanya ketentuan ini, Bupati Suwirta memastikan pihaknya segera akan berkoordinasi dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda).

“Kemarin kan kita tidak ketat sekali masih santai-santai kejar target 70 persennya. Kalau memang sekarang diwajibkan semua, maka kita akan kejar. Sekarang kita kebut kalau ada seperti itu,” ujar Suwirta, Selasa (12/7/2022).

Baca juga :  Tangani 79 Kasus, RSUD Klungkung Nihil Pasien Covid-19

Berkaca dari keberhasilan vaksinasi dosis pertama dan kedua, Suwirta yakin vaksinasi dosis ketiga dapat mencapai target. Apalagi pelaksanaan vaksinasi dosis ketiga akan diketatkan pada pelaku pariwisata, sehingga untuk memastikan wilayah Klungkung aman untuk dikunjungi wisatawan, maka sebagai langkah awal para pelaku pariwisata wajib sudah mengantongi sertifikat vaksin booster.

Kemudian khusus untuk di wilayah Kecamatan Nusa Penida yang capaian vaksinasinya masih cukup rendah, Suwirta mengatakan pihaknya bersama Kapolres, Dandim, serta Kejaksaan akan turun bersama-sama. Mengingat selama ini, pelaksanaan vaksinasi booster di Nusa Penida hanya digerakkan para perbekel bersama bendesa, babinsa dan babinkamtibnas, serta petugas kesehatan saja. (119)

Baca juga :  Bergejolak, Baliho yang Dipasang Forum Peduli Desa Adat Poh Bergong Diturunkan Pecalang

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini