Gubernur Koster Siap Sukseskan ‘’World Beach Games Bali 2023’’

kosterku
TERIMA PANITIA ANOC - GubernurBali Wayan Koster (tengah) saat menerima kedatangan panitia Association of National Olympic Commonittee (ANOC) pada Selasa (12/7/2022) di Gedung Gajah, Jayasabha, Denpasar. (DenPost.id/ist)

Denpasar, DenPost.id

Gubernur Bali Wayan Koster menerima kedatangan delegasi Associationof National Olympic Commonittee (ANOC) pada Selasa (12/7/2022) di Gedung Gajah, Jayasabha, Denpasar. Rombongan ini dipimpin Eksekutif Komite Olimpiade Indonesia, Rafiq Hakim Radinal.

Dalam audiensinya, Rafiq Hakim Radinal melaporkan kepada Gubernur Koster bahwa Pulau Dewata terpilih menjadi tuan rumah ‘’World Beach Games Bali 2023’’ dengan melombakan 10 cabang olahraga berkelas dunia. Kejuaraan ini diikuti 1.200 atlet dari 100 negara dan berlangsung pada 5 hingga 12 Agustus 2023. “Selain menggelar perlombaan olahraga, kami juga di Bali akan menggelar pertemuan dengan menghadirkan 206 negara. Untuk itu, kami mohon doa restu Bapak Gubernur Bali agar World Beach Games Bali 2023 ini terlaksana dengan baik,” tegas Rafiq Hakim Radinal.

Mendengar Bali dipilih menjadi tuan rumah ‘’World Beach Games Bali 2023’’, Gubernur Koster menyampaikan terima kasih, sekaligus mengapresiasi seluruh panitia penyelenggara ANOC ‘’World Beach Games 2023’’ yang menjadikan Bali sebagai tuan rumah olahraga berkelas internasional ini. Guna menyukseskannya, orang nomor satu di Pemprov Bali ini menyatakan dukungan penuh untuk Pesta Olahraga Pantai Dunia yang pernah terselenggara tahun 2019 di Qatar. “Saya siap mendukungnya. Jadi apa pun yang diperlukan untuk memfasilitasi dan mendukung agar acara ini berjalan dengan lancar, termasuk kedatangan para peserta, kemudian akomodasi, transportasi, dan fasilitas lain, yang diperlukan, saya ikut memfasilitasinya,” jelas Gubernur asal Desa Sembiran, Buleleng, ini yang disambut tepuk tangan hadirin.

Mantan anggota DPR RI tiga periode dari Fraksi PDI Perjuangan yang juga menyelesaikan UU No.3 Tahun 2005 tentang sistem keolahragaan nasional ini lebih lanjut menyampaikan ‘’World Beach Games Bali 2023’’ diharapkan menjadi momentum yang sangat bagus untuk memotivasi peningkatan prestasi olahraga di Indonesia, khususnya di Bali, dalam rangka memajukan keolahragaan nasional. “Dengan dipilihnya Bali, juga sekaligus bisa mendukung program Pemprov Bali yang pembangunannya mengarah ke pariwisata berbasis olahraga (sport tourism),” ungkap Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali ini.

Baca juga :  Sidang Kasus Jerinx, Ini Kata Saksi Pelapor

‘’World Beach Games Bali 2023’’, menurut Gubernur Koster, juga akan menjadi pemantik pemulihan pariwisata dan perekonomian ‘’The Island of Gods’’ (julukan Pulau Bali), karena pascapandemi covid – 19, pariwisata dan ekonomi Bali sempat lumpuh total selama dua tahun. Namun dengan kerja keras Gubernur Koster bersama seluruh anggota Forkopimda di Provinsi Bali, walikota dan bupati se-Bali, camat, lurah, perbekel dan bendesa adat di Bali, akhirnya pandemi covid–19 dapat ditangani dengan baik serta kasusnya melandai. Hal ini tentu diiringi vaksinasi tercepat di Indonesia, hingga vaksinasi booster di Bali paling tinggi di Indonesia dengan capaian 70 persen lebih dan pada Juli ini ditarget naik menjadi 80 persen.

Baca juga :  Buat Status Ledakkan Bali, Warga Jember Ditangkap

Atas prestasi di bidang penanganan pandemi covid-19, ini PulauSurga (julukan Bali) kembali mendapat kepercayaan penuh dari masyarakat internasional. Hal tersebut dibuktikan dengan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) yang terus meningkat dan didominasi turis Australia. “Kemudian penerbangan langsung dari berbagai negara ke Bandara Ngurah Rai juga semakin bertambah. Catat saja pada minggu depan ada penambahan penerbangan dari Korea. Kalau ditotal, jumlah pesawat dari luar negeri ke Bali ada 22 penerbangan internasional. Sekali lagi, ini akibat Bali dilihat semakin kondusif, aman, serta nyaman, untuk dikunjungi,” jelas Wayan Koster, yang membuat panitia penyelenggara ANOC ‘’World Beach Games Bali 2023’’ ini semakin yakin menggelar Pesta Olahraga Pantai Dunia dengan sukses.

Baca juga :  Di Denpasar, 82 Calon PPK Siap Ikuti Seleksi Administrasi

Keyakinan ini semakin menguat ketika Gubernur Koster membeberkan Bali di masa pandemi yaknu mendapat kepercayaan dunia internasional dengan sukses menggelar Konvensi Minamata tentang merkuri tahun 2022;  Inter-Parliament Union (IPU) ke-144; dan Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) Tahun 2022. Sedangkan mendatang, Bali siap menggelar Presidensi G20.

Mengakhiri pertemuan tersebut, panitia penyelenggara ANOC ‘’World Beach Games Bali 2023’’ memuji Gubernur Wayan Koster, karena minuman kehormatan yang disajikannya berupa kopi tanpa gula campur arak tradisional lokal Bali sangat nikmat. Panitia yakin minuman ini bisa menjadi salah satu obat penyembuh covid–19. “Bali is good,” ujar Eksekutif Komite Olimpiade Indonesia, Rafiq Hakim Radinal, bersama Sekretary General ANOC, Gunila Lindberg.

Gubernur Koster langsung memberi penjelasan bahwa arak tradisional lokal Bali tidak kalah dengan soju dari Korea dan sake dari Jepang. Hal itu karena arak tradisional lokal Bali dikelola sesuai pelaksanaan Pergub Bali No.1 Tahun 2020 tentang tata kelola minuman fermentasi dan atau destilasi khas Bali. (dwa)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini