Cegah PMK, Polisi Awasi Transportasi Ternak

20220714 144542

Negara, DENPOST.id

Untuk mencegah penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) pada ternak, Polres Jembrana terus memperketat jalur masuk dan keluar transportasi hewan. Pemeriksaan dilaksanakan di setiap kendaraan yang berpotensi mengangkut hewan maupun daging hewan ternak. Pemeriksaan tersebut dilaksanakan di Pelabuhan Gilimanuk yang merupakan pintu keluar masuk Bali.

Kapolres Jembrana AKBP I Dewa Gde Juliana, Kamis (14/7) mengatakan, kegiatan tersebut untuk menyikapi surat Menteri Pertanian RI No. 145/Pk.300/M/7/2022 yang ditujukan kepada Gubernur Bali dan para Bupati/Walikota se-wilayah Bali. Surat tersebut terkait memberlakukan lockdown terhadap hewan ternak, baik yang akan masuk maupun keluar Bali dalam rangka mencegah meluasnya penyebaran PMK pada hewan ternak.

Baca juga :  Jemput Bola, Vaksinasi Sasar Ibu Hamil

Meskipun Kabupaten Jembrana dikatagorikan zona hijau PMK akan tetapi pihaknya terus gencar melakukan oprasi pemeriksaan terhadap kendaraan yang berpotensi mengangkut hewan maupun daging. “Kegiatan kita lakukan di Pelabuhan Gilimanuk, selain itu kami juga mengaktifkan kembali razia di setiap Polsek yang ada di Jembrana yang dibantu oleh instansi lain seperti Satpol PP. Sebab, sejak dibentukanya Satgas Penanganan PMK, lalulintas ternak dibatasi,” terangnya.

Kapolres juga mengaku dalam mencegah transportasi hewan masuk ke Bali khususnya di Kabupaten Jembrana, dirinya sudah mendirikan pos di Cekik untuk mengantisipasi jalun transportasi hewan melalui Buleleng, dikarenakan daerah Buleleng juga masuk zona merah.

Baca juga :  Lewat Patroli Rahayu Beri Edukasi Prokes dan Ciptakan Rasa Aman

Menurutnya sampai dengan hari ini, belum ada ditemukan kendaraan yang mengangkut ternak. Tidak ada mobilitas ternak dari zona merah ke zona hijau (Jembrana). Selain razia PMK, pihaknya juga melakukan pendampingan vaksinasi PMK dibeberapa wilayah untuk menuntaskan target di 5 wilayah sasaran.

Pihak kepolisian juga melakukan pengawalan dan pengawasan terhadap kegiatan vaksinasi PMK di daerah Banjar Anakan, Desa Banyubiru, Kecamatan Negara, Jembrana. Dari kegiatan tersebut, sebanyak 160 ekor sapi divaksin, diantaranya 6 ekor sapi jantan dan 151 ekor sapi betina. (120)

Baca juga :  Gara-gara Ini, Tiga Subak di Jembrana Alih Fungsi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini