Ngenteg Linggih lan Padudusan Alit di Pura Gunung Lebah

picsart 22 07 15 11 05 16 332
KARYA - Karya mamungkah, ngenteg linggih, lan padudusan alit di Pura Luhur Gunung Lebah atau Pura Campuhan Tiga, di Desa Adat Apuan. DENPOST.id/ist

Tabanan, DENPOST.id

Bertepatan dengan Purnama Kasa, pada Buda Kliwon Pahang, 13 Juli 2022, digelar puncak karya mamungkah, ngenteg linggih, lan padudusan alit di Pura Luhur Gunung Lebah atau Pura Campuhan Tiga, di Desa Adat Apuan, Baturiti Tabanan. Karya tersebut dipuput Ida Pedanda Gede Giri Purna Sandhi dari Griya Kemenuh Purnawati Kalibalang, Payangan, Marga.

Pemucuk Karya yang juga Bendesa Adat Apuan, I Ketut Murtana, didampingi Ketua Panitia Karya I Made Subur, Pemangku Pura Jro Wayan Karta dan Penyarikan Pura Wayan Sirka mengatakan, sejumlah eedan karya dilangsungkan di antaranya, prosesi mecaru atau tawur agung, penyakap, melaspas, mendem pedagingan, pada Minggu 10 Juli 2022, mekarya ulam upakara lan memben pada selasa 12 juli 2022, dan puncak karya pada Rabu 13 juli 2022. Karya nyejer tiga hari dan kasineb pada Sabtu (16/7/2022), diawali dengan prosesi nyenuk dan nyegara gunung.

Baca juga :  Sehari, Satresnarkoba Polres Tabanan Ungkap Dua Kasus Sabu-sabu

Pura Luhur Gunung Lebah atau Campuhan Tiga terletak di tenggara Desa Adat Apuan, tempat bertemunya dua sungai yaitu sungai Yeh Aon dan Sungai Yeh Sungi. Pada pertemuan sungai itu juga muncul sumber air hangat dari bawah tanah. Pertemuan tiga sumber air di Pura Campuan tiga dianggap baik untuk melakukan prosesi pangelukatan. Tidak hanya digunakan sebagai tempat panglukatan, Pura Luhur Gunung Lebah juga sebagai tempat makiis atau melasti bagi beberapa desa sekitarnya.

Mencapai lokasi pangelukatan ini, umat bisa berjalan kaki menelusuri jalan setapak yang sudah dibeton, dengan medan menuruni lembah. Atau, bisa melewati jalan kecil menelusuri tegalan dari arah utara desa. (kmb)

Baca juga :  Putri Koster Gencarkan Sosialiasi Etika Payas Bali

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini