Terjangkit PMK di Kuta, Puluhan Sapi Dipotong di Pemecutan Kelod, Denbar

sapi1
POTONG SAPI - Petugas yang dilengkapi pakaian APD memotong puluhan sapi di Banjar Mergaya, Desa Pemecutan Kelod, Denbar, yang terjangkit PMK. Sapi-sapi itu sebelumnya diambil dari Kuta, Badung. (DenPost.id/ist)

Padangsambian, DenPost.id

Puluhan sapi yang terjangkit penyakit mulut dan kuku (PMK) terpaksa dipotong oleh petugas dengan mengenakan pakaian dan alat pelindung diri (APD), Jumat (15/7/2022). Pemotongan ternak itu dipantau Kapolresta Denpasar Kombes Bambang Yugo Pamungkas dan Dandim 1611/Badung Kolonel Dody Triyo Hadi.

Sapi-sapi yang dipotong itu milik peternak di Kelurahan Seminyak, Kuta. Sedangkan pemotongan dilakukan di Banjar Mergaya, Desa Pemecutan Kelod, Denpasar Barat (Denbar). “Pemotongan hewan bersyarat ini sesuai prosedur. Ternak yang terinfeksi PMK dipisahkan dengan yang tidak terinfeksi. Saat pemotongan diawasi oleh dokter hewan dengan memperhatikan keselamatan petugas pemotong dan lingkungan sekitarnya,” kata Bambang.

Baca juga :  Tanggapi Rancangan KUA-PPAS, DPRD Denpasar Sarankan Ini

Menurut dia, jumlah sapi yang dipotong sebanyak 63 ekor. Pemotongan dilakukan secara bertahap oleh petugas yang mengenakan APD lengkap. “Petugas potong ditunjuk oleh Dinas Peternakan Kota Denpasar. Sedangkan sapi-sapi yang dipotong itu terbukti terjangkit PMK,” tambah Kapolresta.

Dilanjutkannya, daging sapi yang terjangkit PMK bisa dikonsumsi. Sedangkan kaki, kepala, dan organ dalamnya, dikubur di tempat pemotongan sesuai SOP. “Hal ini dilakukan sebagai upaya mencegah virus menginfeksi hewan ternak lain, dan memutus rantai penularan PMK yang sedang mewabah,” ungkap Bambang.

Baca juga :  Syarat Masuk Bali Ikuti Kebijakan Pusat, Wajib Uji Usap Diperpanjang

Ditambahkannya, Polresta Denpasar dan jajaran sudah secara intensif berkoordinasi dengan instansi terkait dalam upaya mencegah wabah PMK. Salah satunya dengan melakukan pendampingan vaksinasi hewan ternak di wilayah Denpasar. (yan)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini