Pengurus LPD Selulung Segera Dipanggil

picsart 22 07 17 18 35 28 969
Kanit Tipikor Satreskrim Polres Bangli, Ipda I Wayan Dwipayana.

Bangli, DENPOST.id

Unit Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Polres Bangli, berencana segera memanggil para pengurus LPD Selulung di Kintamani, Bangli. LPD Selulung merupakan satu dari enam LPD di Banglin yang saat ini dalam kondisi macet atau tak beroperasi.

Di mana, untuk menyelidiki permasalahan ini terutama guna mengetahui kemungkinan adanya kerugian negara, pihak kepolisian berencana melibatkan tim akuntan publik.

Kanit Tipikor Satreskrim Polres Bangli, Ipda I Wayan Dwipayana, Minggu (17/7/2022), menyebutkan untuk LPD Selulung, sebelumnya pihaknya telah memeriksa ketua, serta sepuluh orang nasabah. “Kami juga sudah mengamankan sejumlah dokumen,” sebutnya.

Berkas atau dokumen yang diambil dari LPD yang sejak tahun 2017 tak beroperasi, di antaranya surat perjanjian kredit, permohonan kredit dan buku kas.

Baca juga :  Peserta SKD CPNS Wajib Vaksin dan "Test Antigen"

Setelah itu, pihaknya berencana memanggil para pengurus LPD lainnya. “Kalau tak ada halangan, mungkin pekan ini kita panggil,” ujar perwira asal Desa Taro, Tegalalang, Gianyar ini.

Menurut Dwipayana, LPD Selulung menjadi bidikan pertama selain LPD macet lainnya lantaran selain nasabahnya banyak, jumlah kerugian negara diperkirakan mencapai Rp1 miliar.

Sebagai informasi tambahan, dari hasil penilaian yang dilakukan Lembaga Pemberdayaan Lembaga Perkreditan Desa (LPLPD) hingga Desember 2021,
ada 159 LPD di Kabupaten Bangli. Di mana, kategori sehat hanya 91 unit. Sebanyak 33 LPD kategori cukup sehat, 22 LPD kurang sehat, 7 LPD kurang sehat atau sakit, dan 6 LPD tidak beroperasi. Rinciannya, LPD Desa Buahan Kecamatan Kintamani; LPD Selulung, Kecamatan Kintamani; LPD Songan, Kecamatan Kintamani; LPD Trunyan, Kecamatan Kintamani; LPD Demulih, Kecamatan Susut, dan LPD Undisan Kelod, Kecamatan Tembuku.

Baca juga :  Nihil Meninggal Dunia, Covid-19 di Kota Denpasar Tambah 22 Kasus

Untuk LPD yang menjadi target digeber, yakni LPD Demulih, LPD Undisan Kelod, dan LPD Selulung. (128)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini