PMK Mewabah di Denpasar, Ratusan Sapi Divaksin

sapiku
VAKSIN SAPI - Petugas memvaksin ternak sapi untuk di Densel guna mencegah penyebaran PMK.

Sanur, DenPost.id

Pascapuluhan ekor sapi terserang penyakit mulut dan kuku (PMK) di wilayah Denpasar, polisi serta Dinas Pertanian Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan memvaksin ratusan sapi. Selain itu, petugas menyemprotkan puluhan liter disinfektan ke kandang ternak di wilayah Denpasar Selatan (Densel).

Kapolsek Densel Kompol Made Teja Dwi Permana, Minggu (17/7/2022), mengatakan vaksinasi ternak dilakukan dengan sistem door to door ke kandang warga. Lokasi yang didatangi pertama oleh petugas adalah peternakan di Desa Sanur Kaja. “Sebanyak 67 ekor sapi divaksin di sana daripada 83 ekor populasi sapi yang ada,” bebernya.

Baca juga :  Perkuat Kekebalan Komunal, Grup Astra Bali Gelar Vaksinasi Gotong Royong Booster untuk Karyawan

Selain di wilayah Sanur Kaja, petugas juga memvaksin sapi di Kelurahan Panjer. Sebanyak 78 ekor sapi di sana divaksin. Sedangkan di wilayah Desa Pemogan, sapi yang divaksin sebanyak 113 ekor dan di Kelurahan Renon serta Desa Sidakarya sebanyak 74 ekor. “Sapi yang sudah divaksin diberi penanda dengan menggunakan pita merah dan setiap pemilik sapi yang divaksin didata dengan menyertakan NIK (nomor induk kependudukan),” tegas Teja.

Lebih lanjut dikatakannya, personel Polsek Densel dikerahkan ke ke lapangan guna memonitor dan mengantisipasi penyebaran PMK yang lebih meluas. “Vaksinasi terhadap sapi ini diharap dapat meminimalisir penyebab penyakit dan mencegah penyebarluasan PMK di wilayah Densel,” tandas Kompol Teja. (yan)

Baca juga :  Ngamuk, ODGJ Diamankan Satpol PP Denpasar

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini