Pratima Pura Mas Ayu di Dusun Koripan Digondol Maling

picsart 22 07 18 07 30 58 074
CEK PRATIMA - Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta turun mengecek kasus pencurian pratima yang terjadi di Pura Mas Ayu di Dusun Koripan, Desa Banjarangkan, Minggu (17/7/2022) malam

Semarapura, DENPOST.id

Kasus pencurian pratima kembali kambuh di wilayah Klungkung. Kali ini, Pura Mas Ayu di Dusun Koripan, Desa Banjarangkan, Kecamatan Banjarangkan, dibobol maling. Bahkan dalam kejadian tersebut, sejumlah pratima berupa badong prada emas, arca, keris dan logam kuningan, dan panca datu lenyap.

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, sempat turun ke Pura Mas Ayu untuk bertemu pengempon pura terkait peristiwa tersebut, Minggu (17/7/2022) malam.
“Saya mohon agar warga waspada dengan kejadian ini,” saran Suwirta.

Baca juga :  Balita Reaktif di Padang Kerta Terbukti Negatif Corona

Menurut informasi di lapangan, kasus pencurian pratima di Pura Mas Ayu pertama kali diketahui I Komang Sugiawan (40) yang merupakan pemangku di Pura setempat pada Minggu (17/7/2022) sekitar pukul 18.30 Wita. Saat itu, Komang Sugiawan yang hendak mencari ambengan (rumput) melihat grendel gembok Gedong Penyimpenan dalam kondisi terbuka, namun pintu masih tertutup.

Curiga terjadi sesuatu, ia kemudian mengeceknya. Setelah dicek dan membuka pintu gedong penyimpenan ternyata kropak besi dalam kondisi dicongkel dengan cara dilas atau dilelehkan. Atas kejadian tersebut, Komang Sugiawan kemudian melapor ke Mapolsek Banjarangkan sekitar pukul 19.00 Wita.

Baca juga :  Jelang Natal, Togar Situmorang Berbagi Kasih dengan Anak Yatim-Piatu

Mendapat laporan tersebut, personel Polsek Banjarangkan dan Babinsa Desa Banjarangkan kemudian turun melakukan olah TKP di Pura Mas Ayu. Termasuk melakukan pemasangan garis polisi. Dari hasil olah TKP, diketahui ada sejumlah barang dan pratima yang hilang yakni berupa dua batang logam kuningan cap London berat 1.500 gram, tiga batang logam kuningan cap Germany 707 CA berat 1.360 gram, satu batang logam kuningan cap Soekarno berat 410 gram.

Baca juga :  Senderan Pura Manik Mas di Sengkiding Ambrol

Selain itu ada juga sebuah keris alit lekuk 5, arca, panca datu, badong prada emas, dan jinah bolong 225 keping. Total kerugian dari kejadian tersebut diperkirakan lebih dari Rp 50 juta. (119)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini