PMK Masih Mengancam, Penyemprotan Kandang Ditingkatkan

picsart 22 07 19 14 53 05 169
SEMPROT - Guna mencegah penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) pada ternak, peternak kini mengintensifkan penyemprotan kandang.

Negara, DENPOST.id

Penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) masih mengancam hewan ternak. Mencegah penyebaran kian meluas, para peternak meningkatkan penyemprotan disinfektan pada kandang.
Seperti yang dilakukan di kandang milik Gede Warta, di Lingkungan Biluk Poh, Kelurahan Tegalcangkring, Kecamatan Mendoyo, Selasa (19/7/2022).

Penyemprotan dilaksanakan Tim Dinas Puskeswan Kabupaten Jembrana bersama BPBD Jembrana didampingi Babinsa Kelurahan Tegalcangkring, Serda Suwardi.
Penyemprotan dilakukan secara menyeluruh di kandang ternak tersebut.
“Ini untuk mencegah berkembangnya virus dan sumber penyakit lain yang dapat menularkan ke ternak lain. Penyemprotan menggunakan Destan, produk disinfektan dan antiseptik yang sangat ampuh untuk membersihkan dan mensterilkan kandang ternak,” papar Suwardi.

Baca juga :  Covid-19 di Jembrana, Kasus Harian 55 Orang dan Satu Orang Meninggal

Dalam kegiatan tersebut, Babinsa juga memberikan arahan kepada warga masyarakat untuk tetap selalu menjaga kebersihan diri dengan mencuci tangan sesuai petunjuk dari Petugas Pelayanan Kesehatan. Apabila ada gejala-gejala terkait penyakit tersebut pada ternak peliharaan agar segera melaporkan kepada aparat terkait supaya segera bisa ditindaklanjuti.

Sementara Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Jembrana, I Wayan Sutama, mengatakan, selain penyemprotan, juga digencarkan vaksinasi secara serentak.
Vaksinasi menyasar lima desa yang diketahui ada suspect PMK yakni di Nusasari, Manistutu, Banyubiru, Pergung dan Tegalcangkring. “Kita lakukan serentak, vaksinasi ternak dan disinfeksi kandang. Total vaksin ada 2.000 dosis, tapi rencana akan tambah lagi,” kata Sutama. (120)

Baca juga :  Sekali Pelayanan, Satgas Covid-19 Jembrana Target Vaksin 50 Orang

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini