Tingkatkan Hasil Panen, Desa Lebih Tanam Padi dengan Pola Jajar Legowo

picsart 22 07 19 19 17 56 704
TANAM PADI - Penanaman padi organik jenis C Gelis di Subak Parna Jaya, Banjar Lebih Duur Kaja, Desa Lebih, Gianyar, Selasa (19/7/2022).

Gianyar, DENPOST.id

Guna meningkatkan hasil panen dan kualitas padi, Desa Lebih, Gianyar melakukan uji coba penanaman padi, dengan sistem jajar legowo di Subak Parna Jaya, Banjar Duur Kaja, Desa Lebih, Gianyar, Selasa (19/7/2022). Dalam penanaman padi organik melibatkan sejumlah pihak.

Perbekel Desa Lebih, I Wayan Agus Muliana mengatakan kegiatan pola tanam padi organik jajar legowo volume tanam 40 are, dengan jenis benih C Gelis ini merupakan program Desa Lebih.

Baca juga :  Lomba Ogoh-ogoh, Pengusung Maksimal 25 Orang dan Wajib Antigen

Dikatakan dia, penanaman padi dengan sistem jajar legowo, ternyata dapat meningkatkan produktivitas padi. Cara tanam padi jajar legowo merupakan salah satu teknik penanaman padi yang dapat menghasilkan produksi yang cukup tinggi, serta memberikan kemudahan dalam aplikasi pupuk dan pengendalian organisme pengganggu tanaman.

Dikatakan dia, sistem tanam jajar legowo merupakan upaya memanipulasi lokasi penanaman, sehingga penanaman akan memiliki jumlah tanaman pinggir yang lebih banyak, dengan adanya barisan kosong. Selain itu, sistem tanam jajar legowo juga meningkatkan jumlah populasi tanaman dengan pengaturan jarak tanam.

Baca juga :  Tumpek Wayang, Gubernur Serahkan Wayang dan Gender ke Pura Besakih

Agus Muliana menambahkan tujuan dari cara tanam jajar legowo adalah memanfaatkan radiasi surya bagi tanaman pinggir, tanaman relatif aman dari serangan tikus karena lahan lebih terbuka, menekan serangan penyakit karena rendahnya kelembaban dibandingkan dengan cara tanam biasa, populasi tanaman bertambah, pemupukan lebih efisien, pengendalian hama penyakit dan gulma lebih mudah dilakukan dari pada cara tanam biasa.

Babinsa Koramil 1616-01/Gianyar, Desa Lebih, Sertu Wayan Suama menyampaikan agar kegiatan ini tetap mematuhi prokes untuk mencegah penyebaran virus Covid-19. (116)

Baca juga :  Langgar PPKM Mikro, Tim Gabungan Tutup Paksa Kafe Remang-remang

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini