Ribuan Hewan Ternak di Klungkung Divaksin PMK

picsart 22 07 22 19 56 01 294
PANTAU VAKSINASI - Wakil Bupati Klungkung, Made Kasta, saat memantau jalannya vaksinasi PMK di Desa Kusamba, Dawan, Jumat (22/7/2022)

Semarapura, DENPOST.id

Pemkab Klungkung terus gencar melakukan vaksinasi ternak untuk menanggulangi penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Sejauh ini, sudah ada sekitar 3.000 hewan ternak di Klungkung daratan yang divaksin PMK.

Vaksinasi hewan ternak inipun berlanjut ke wilayah Kusamba, Kecamatan Dawan, Kamis (21/7/2022).

Kegiatan vaksinasi PMK inipun dipantau Wakil Bupati Klungkung, I Made Kasta.

Didampingi Kepala Dinas Pertanian Ida Bagus Juanida, Wabup Kasta menyusuri persawahan di Subak Kusamba, guna melihat secara langsung jalannya vaksinasi dua ekor sapi milik Ketut Sukarya.

Baca juga :  Gubernur Koster Optimis Normalisasi Tukad Unda Cepat Tuntas

“Hari ini saya pantau langsung ke lapangan jalannya vaksinasi terhadap hewan ternak sapi. Selain itu juga untuk memberi dukungan kepada para petugas yang telah berjibaku masuk ke sawah- sawah mencari kandang sapi warga untuk divaksin. Dengan gencarnya vaksinasi pada hewan ini, semoga penyakit PMK ini bisa secepatnya lenyap dari Klungkung dan Provinsi Bali secara keseluruhan,” harap Wabup Kasta.

Selain melakukan pencegahan dengan medis, Wabup Kasta yang juga merupakan seorang penekun spiritual menyarankan kepada Kepala Dinas Pertanian, IB Juanida untuk menempuh upaya niskala, yakni dengan cara menghaturkan sesajen pejati di Pura Tumpa di Desa Gunaksa Kecamatan Dawan, untuk memohon kesembuhan pada hewan hewan ternak, serta melenyapkan PMK.

Baca juga :  Pascabanjir Bandang, Ratusan KK Medewi Krisis Air Bersih

“Sejak dari dulu leluhur orang Bali utamanya Klungkung percaya bahwa dengan memohon ke Pura Tumpa maka penyakit pada hewan ternak akan bisa disembuhkan dan dilenyapkan,” katanya.

Sementara Kepala Dinas Pertanian IB Juanida mengatakan kalau Kabupaten Klungkung mendapatkan lima ribu dosis vaksin PMK dari Provinsi Bali. Untuk saat ini di wilayah Klungkung daratan ada sekitar 3.000 hewan ternak yang sudah divaksin. Apalagi setiap hari Dinas Pertanian menerjunkan 10 tim ke lapangan melakukan vaksinasi dengan target 500-600 dosis perhari. (119)

Baca juga :  Rambut Tak Rapi, Personel Polres Klungkung Ditindak Propam

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini