Dua Sapi di Suter Diduga Terpapar PMK

picsart 22 07 22 19 57 54 041
DIDUGA PMK - Ilustrasi dua ekor sapi milik peternak di Banjar Peselatan di Desa Suter, diduga terpapar PMK.

Bangli, DENPOST.id

Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) merambah ke Desa Suter, Kintamani, Bangli. Dua ekor sapi milik peternak di Banjar Peselatan di desa tersebut, diduga terpapar PMK.

Tim pun sudah turun melakukan pengobatan dan mengambil sampel untuk diuji ke lab.

Humas Satgas Penanganan PMK Kabupaten Bangli, I Wayan Dirgayusa, Jumat (22/7/2022), membenarkan adanya laporan tersebut. “Tim sudah turun kemarin, namun belum ada laporan resmi. Selain itu, kita masih menunggu hasil lab guna memastikan sapi tersebut kena PMK atau penyakit lain,” tegasnya.

Sementara Kelian Bajar Dinas Peselatan, Desa Suter, I Nengah Suradnya saat dikonfirmasi membenarkan dua ekor ternak sapi di wilayahnya terdeteksi kena PMK. Yang mana, ternak tersebut milik I Wayan Rasten dan Nyoman Sukarma. “Sapi tersebut dibeli di Karangasem sekitar 6 bulan lalu,” katanya.

Baca juga :  Jembatan Timbang Cekik Sediakan Ribuan Rapid Test Gratis Bagi Awak Logistik

Dijelaskan dia, kasus tersebut baru dilaporkan ke dirinya sekitar dua hari lalu, kemudian diteruskan ke Kadis PKP Bangli. Selanjutnya, tim turun untuk melakukan pemriksaan dan pengobatan. Sesuai pantauan tim, sapi mengalami gejala panas, mulut berbusa berlebihan, hidung terluka dan kaki bengkak. “Ciri-cirinya hampir sama dengan PMK, seperti yang disosialisasikan oleh petugas,” kata Suradnya.

Suradnya berharap agar di wilayahnya segera dilakukan vaksinasi. Karena sejak temuan itu, banyak warga mendatangi dirinya untuk menyampaikan harapan itu. (128)

Baca juga :  Disimpan, Kelebihan Vaksin Covid-19 di Jembrana

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini