Pembentukan TPS3R, Giri Prasta Sebut Beri Peluang Serap Tenaga Kerja

picsart 22 07 24 18 10 47 337
LIHAT PENGOLAHAN - Bupati Badung, Nyoman Giri Prasta, saat melihat tempat pengolahan sampah seusai launching TPS3R Jayagiri, Desa Carangsari, Kecamatan Petang, Sabtu (23/7/2022).

Mangupura, DENPOST.id

Sebagai wujud rasa cinta terhadap lingkungan dan alam semesta, bertepatan dengan tumpek krulut, Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta melaunching Tempat Pengolahan Sampah-Reduce Reuse Recycle (TPS3R) Jayagiri, Desa Carangsari, Kecamatan Petang, Sabtu (23/7/2022).

Turut hadir Anggota DPRD Badung, IGAA Inda Trimafo Yudha; Kepala DLHK Wayan Puja; Kadis Pariwisata Nyoman Rudiarta; Kabag Prokompim Setda Badung, Made Suardita; Ketua Umum Asosiasi Daur Ulang Plastic Indonesia (ADUPI), Kristin Halim; Sustainable Director PT Mayora, Ronald, Camat Petang, perbekel, kelian adat dan dinas, serta tokoh masyarakat Desa Carangsari.

Bupati Giri Prasta menyampaikan berdasarkan komunikasi yang bersinergi antarsemua stakeholder yang ada di Kabupaten Badung, baik itu DPRD, OPD terkait, perbekel hingga BPD Desa Carangsari, akhirnya terwujud TPS3R Jayagiri. “Di samping itu ada juga support dari pihak ketiga, seperti Ibu Kristin, Bapak Ronald bahkan dari luar negeri ada yang memberikan perhatian kepada kita yang ada di Badung, khususnya yang ada di Carangsari. Selaku pemerintah, infrastruktur yang ada di sini pasti kami lengkapi semua, termasuk juga nanti kita akan koordinasikan tentang operasional pengerjaan di sini. Karena prinsip kita semua desa dan kelurahan wajib memiliki TPS3R,” ujarnya.

Ditambahkan Giri Prasta, penanganan sampah yang tidak bisa diselesaikan di desa akan diselesaikan di TPS Terpadu yang dikelola Pemerintah Kabupaten Badung. “Contoh penanganan sampah residu, seperti pampers, velbed dan seterusnya, saya kira ini adalah pola yang bagus sekali bagaimana kita melihat sampah itu adalah berkah dan sampah itu adalah rupiah. Prinsip sederhana kalau kita membuang sampah berarti kita memindahkan masalah ke orang lain, maka kita harus mengolah sampah berbasis sumber. Karena sampah itu tanggung jawab kita bersama,” katanya.

Baca juga :  Kamar Kos di Jimbaran Digerebek Polisi, Puluhan Paket SS Ditemukan Berserakan

Di samping itu, Giri Prasta juga memastikan pembangunan TPS3R akan berkontribusi positif dalam menyerap tenaga kerja di setiap desa/kelurahan. “Sederhananya begini, kalau ada pemimpin yang mayoritas masyarakatnya keluar mencari pekerjaan apalagi bekerja serabutan, berarti pemimpin itu tidak bisa menciptakan lapangan pekerjaan dan oleh karena itu kami selalu memberikan edukasi kepada warga kita di Badung, bahkan sampai ke sekaa teruna, kita harus membuka lapangan pekerjaan sendiri. Salah satu contoh dengan dibukanya TPS3R ini, paling tidak kita bisa merekrut pegawai 10 orang. Ini cara kerja kita bagaimana melihat sampah itu adalah berkah dan sampah itu adalah rupiah,” ujarnya.

Baca juga :  Bupati Giri Prasta Launching Operasional Truck Compactor

Sementara Ketua Umum ADUPI, Kristin Halim, bersama Sustainable Director PT Mayora, Ronald berharap dengan dilaunchingnya TPS3R Jaya Giri, akan menjadikan Desa Carangsari semakin bersih, sehingga semakin menarik minat wisatawan untuk mengunjungi desa wisata tersebut, terlebih saat ini pandemi Covid-19 berangsur melandai. “Ini artinya akan mampu menghasilkan fungsi ekonomi dan sosial, seperti yang kami selalu cita-citakan. Dalam pengolahan sampah kita bukan hanya kerja sosial, tapi kita liat peluang cari duit di sana melalui circular ekonomi. Seperti yang pak Ronald dan saya bikin. Gerakan circular ekonomi, di mana gerakan itu berputar sehingga menghasilkan nilai ekonomi bagi masyarakat dan bagi banyak orang. Untuk itu, saya berharap gerakan ini tidak hanya ada di Desa Carangsari tapi juga bisa diikuti oleh desa-desa yang lain. Karena setiap desa akan mencari jalan sendiri untuk menangani sampahnya karena sampah tanggung jawab kita semuanya,” Jelasnya .

Baca juga :  PN Denpasar Akan Buka Layanan di MPP Badung

Ketua panitia, Ida Bagus Namarupa, didampingi Perbekel Desa Carangsari, Made Sudana melaporkan tempat pembangunan TPS3R Jayagiri, Desa Carangsari menggunakan lahan laba Pura Puseh Desa Adat Carangsari, sementara untuk mesin pengolahan sampahnya merupakan bantuan dari Bupati Badung, Nyoman Giri Prasta. “Lahan ini merupakan laba Pura Puseh Desa Carangsari yang secara turun temurun boleh diambil hasilnya oleh siapapun yang didaulat menjadi pemangku di Pura Puseh dlDesa Carangsari. Kebetulan pemangku merelakan lahan ini berkoordinasi dengan kepala desa dan bendesa adat menyepakati tempat ini dipakai menjadi TPS3R Jaya Giri. Karena Desa Wisata Carangsari sudah Go Nasional mendapatkan juara satu konten kreatif jadi TPS-nya pun harus bintang 5 bukan kaki 5,” ucapnya. (115)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini