Alami Korosi, Akses Jembatan Kuning Ditutup 24 Jam

picsart 22 07 25 17 57 36 618
JEMBATAN KUNING - Kondisi Jembatan Kuning yang menghubungkan Ceningan dan Lembongan, Nusa Penida, Klungkung.

Semarapura, DENPOST.id

Pemkab Klungkung mulai melakukan pemeliharaan rutin terhadap kondisi Jembatan Kuningan di Desa Lembongan, Nusa Penida. Hal ini dilakukan lantaran kondisi jembatan yang menghubungkan Pulau Ceningan dan Lembongan tersebut mengalami kerusakan dan korosi. Untuk melakukan perbaikan, akses jembatan tersebut ditutup total selama 24 jam dari Selasa (26/7/2022) sekitar pukul 10.00 Wita sampai dengan Rabu (27/7/2022) sekitar pukul 10.00 Wita.

Kadis Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman Klungkung, Made Jati Laksana, ketika dimintai konfirmasi mengatakan, pemeliharaan Jembatan Ceningan-Lembongan ini dilakukan per titik. Sebelumnya petugas dikatakan sudah melakukan perbaikan di titik bagian ujung. Namun, setelah beberapa waktu, rupanya titik di bagian tengah juga mengalami korosi atau berkarat.

Baca juga :  Bendahara Ngaku Tak Sendiri "Nikmati" Dana APBDes Tusan

“Ini (jembatan) sudah lama dan terus menerus terkena air laut. Besi kena air laut itu kan cepat sekali korosi. Kita sudah selalu pantau, sekarang kita lihat, besok bisa ada korosi baru. Jadi ini per titik diperbaiki, kemarin di ujung-ujung sudah kita perbaiki, sekarang di tengah,” ungkap Jati Laksana, Senin (25/7/2022).

Menurut Jati Laksana, pemeliharaan jembatan penghubung Ceningan dan Lembongan bersifat mendesak. Sebab, jika tidak langsung ditangani maka bisa memicu kerusakan yang lebih parah. Namun seperti perbaikan-perbaikan sebelumnya, saat inipun perbaikan menggunakan anggaran pemeliharaan rutin yang bersumber dari APBD berkisar Rp 30-40 juta.

Baca juga :  Disiplin Kerja Diperketat, Klungkung Mulai Gunakan Aplikasi "Sisenso Mobile"

“Kalau tidak diperbaiki, nanti lama-lama penyangga di bawa keropos. Kalau tidak kuat platnya bisa jatuh,” imbuhnya.

Jati Laksana mengatakan pemeliharaan ini diperkirakan akan membutuhkan waktu selama sehari penuh. Selama jembatan ditutup, masyarakat yang akan menyeberang diharapkan menggunakan jalur alternatif lewat laut dengan menggunakan boat

Perbekel Lembongan, Ketut Gede Arjaya, sudah mengeluarkan surat pemberitahuan kepada masyarakat setempat. Dalam pemberitahuan tersebut diinformasikan kepada seluruh warga masyarakat Ceningan-Lembongan-Jungutbatu, masyarakat umum serta para pengunjung, bahwa akan di laksanakan pemeliharaan rutin Jembatan Kuning.
Terkait dengan hal tersebut, maka akan dilakukan penutupan akses selama 24 jam, mulai hari Selasa (26/7/2022) sekitar pukul 10.00 Wita sampai dengan Rabu (27/7/2022) sekitar pukul 10.00 Wita. (119)

Baca juga :  Situs Goa Gede Simpan Tulang Belulang dan Lingga Yoni

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini