Presiden Ke-5 Megawati Soekarnoputri Terima Bali-Bhuwana Mahottama Nugraha ISI Denpasar

rabu mega

Denpasar, DenPost.id
Serangkaian Dies Natalis XIX Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar digelar Festival Bali Padma Bhuwana II pada Kamis (28/7/2022). Pada pembukaan festival internasional, yang tertaut acara Wisuda Sarjana, Sarjana Terapan, Magister, dan Doktor XXVIII ini dianugerahkan Bali-Bhuwana Mahottama Nugraha 2022 kepada Presiden ke-5 RI, Prof. Dr. (H.C.) Megawati Soekarnoputri.

Rektor ISI Denpasar Prof. Dr. Wayan ‘’Kun’’ Adnyana, Selasa (26/7/2022), menjelaskan penganugerahan Penghargaan Tertinggi kepada Megawati Soekarnoputri didasarkan pada pertimbangan bahwa Ketua Dewan Pembina Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) ini adalah sosok ideolog Pancasila yang berkarakter, dengan memuliakan Bhinneka Tunggal Ika dalam pemajuan seni budaya Indonesia. “Beliau sangat berpendirian, bagaimana Indonesia Raya dibangun atas fondasi Bhinneka Tunggal Ika dengan menjadikan seni budaya Nusantara sebagai sumber ilmu pengetahuan, kesejahteraan, dan keadilan sosial. Banyak gagasan dan keberpihakan yang dilakukan Ibu Mega dalam pemajuan seni dan budaya Indonesia, seperti terjun langsung dalam memberikan amanat penyelamatan kekayaan intelektual karya anak bangsa; hingga Indonesia mekar sebagai Taman Sari Dunia,’’ terang Guru Besar Sejarah Seni itu.

Baca juga :  Asyik Tangkap Penyu di Serangan, Puluhan Nelayan Disergap TNI AL

Selain menerima penghargaan, Presiden ke-5 RI itu juga diagendakan memberikan orasi ilmiah dengan judul “Indonesia Berkepribadian dalam Kebudayaan”.
Kun Adnyana, yang mantan Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali, ini juga menjelaskan bahwa pada orasi ilmiah tersebut, diurai tentang Trisakti Bung Karno dalam membangun Indonesia Berkepribadian. Selain itu diceritakan bagaimana Seoul Institute of the Arts sangat berkontribusi dalam pemajuan seni budaya di Korea Selatan seperti ditemui Mega saat dia menerima Honorary Chair Profesor dari kampus seni Kota Seoul tersebut. Megawati sangat berharap ISI Denpasar, demikian juga kampus seni yang lain di Indonesia, berkontribusi besar dalam kerja pemajuan seni budaya bangsa Indonesia.

Baca juga :  Tim Gabungan Patroli Sampaikan Prokes di Wilayah Kota Denpasar

Selain penghargaan Bali-Bhuwana Mahottama Nugraha, juga diserahkan penghargaan Bali-Bhuwana Nata Kerthi Nugraha 2022 untuk maestro, seniman, akademisi, dan kolektor seni bereputasi. Ketua Panitia Wisuda dan Dies Natalis ISI Denpasar Dr. Anak Agung Gede Rai Remawa menjelaskan penerima penghargaan internasional itu yakni Tjokorda Gede Putra Sukawati (maesnas seni), Anak Agung Gede Rai (kolektor dan tokoh permuseuman), Rhoda Grauer (seniman dan akademisi dari Amerika Serikat), Tossin Himawan (kolektor seni rupa dari Jakarta), dan Nyoman Windha (komposer bereputasi). “Kedua penghargaan didedikasikan atas niat luhur ISI Denpasar sebagai lembaga pendidikan tinggi seni budaya dalam mengapresiasi prestasi, sekaligus reputasi tokoh berpengaruh tingkat dunia, yaitu dari kalangan: maestro, seniman, budayawan, dan akademisi. Hal ini dilakukan sebagai manifestasi moto baru ISI Denpasar yakni Global-Bali Arts and Creativity Centre Hub (G-BACCH),” terang Doktor Ilmu Desain lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) itu.

Serangkaian Wisuda, Dies Natalis, dan pembukaan Bali Padma Bhuwana II ini, rencananya dihadiri Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim, Gubernur Bali selaku Ketua Dewan Penyantun ISI Denpasar Wayan Koster, dan anggota DPR RI Djarot Saiful Hidayat M.S., yang menyampaikan testimoni terkait penganugerahan Bali-Bhuwana Mahottama Nugraha kepada Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri. (yad)

Baca juga :  Soal Rencana Sipeng Desa, Sekda Minta Masyarakat Santun

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini