HUT Koperasi di Buleleng Catat Transaksi Ratusan Juta Rupiah

picsart 22 07 27 17 00 40 516
Kadisprindagkop Buleleng, Dewa Made Sudiarta

Singaraja, DENPOST.id

Perayaan HUT ke-75 Koperasi di Kabupaten Buleleng mencatat transaksi mencapai ratusan juta rupiah. Kepala Dinas (Kadis) Disprindagkop Buleleng, Dewa Made Sudiarta, saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (27/7/2022), mengatakan,
kegiatan yang melibatkan sejumlah UMKM pada pekan lalu itu dapat mendorong koperasi agar tidak anti dengan

Dikatakannya, koperasi tidak lepas dari peran penting UMKM, karena menurutnya koperasi itu memiliki banyak peluang yang dapat dimanfaatkan UMKM. Untuk itu, diharapkan kedua elemen penting dalam ekonomi kerakyatan tersebut tetap berkolaborasi ke depannya agar berkembang dan maju bersama.

Baca juga :  Catat Sejarah UMKM Indonesia, BRI Resmi Jadi Induk Holding BUMN Ultra Mikro

“Tujuan dari kolaborasi ini agar memudahkan UMKM dalam proses produksi dan perluasan akses pemasaran,” ucapnya.

Disinggung mengenai output yang didapat dari kegiatan tersebut, Kadis Sudiarta menyebutkan, hasil transaksi yang didapat mencapai Rp 110 juta. Besaran tersebut diperoleh dari pameran produk UMKM, pasar murah yang diadakan dari PD Swatantra dan PD Pasar Argha Nayottama termasuk juga dari distributor-distributor lain. Hal ini juga sebagai tindakan untuk menekan dan mengendalikan inflasi didaerah.

Baca juga :  Hadiri Forum Ekonomi Dunia, Dirut BRI Tegaskan Komitmen Dorong Inklusi Keuangan & Penerapan ESG

Tidak hanya itu, dalam kegiatan ini dapat memberikan manfaat tersendiri bagi UMKM melalui layanan konseling dalam kepengurusan Nomor Induk Berusaha (NIB) yang merupakan pintu awal dalam menjalankan usaha. Selain itu, terdapat lomba motif endek menyertakan lambang koperasi yang nantinya hasil endek terbaik akan digunakan sebagai seragam anggota koperasi di Buleleng.

“Hal ini akan dikurasi lagi agar lebih fungsional pembuatan endeknya, dan kita yakin ini akan lebih menggairahkan UMKM,” tandasnya.
(118)

Baca juga :  Program RIF Tahap III, Ekowisata Baliaga Berkembang Pesat

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini