Pendaftaran Dimulai, KPU Bangli Siapkan Tim Verifikasi Parpol

img 20220801 wa0006
SOSIALISASI - Sosialisasi peraturan KPU, pendaftaran, verifikasi dan penetapan parpol di Bangli. DENPOST.id/ist

Bangli, DENPOST.id

KPU Bangli telah membentuk tim verifikasi menyusul telah dimulainya pendafaran Partai Politik (Parpol) sebagai peserta dalam Pemilu tahun 2024. Demikian ditegaskan Ketua KPU Bangli, I Putu Gede Pertama Pujawan, saat ditemui Senin (1/8/2022).

“Kita telah siap melakukan verifikasi terhadap Parpol yang akan menjadi peserta Pemilu tahun 2024,” ucapnya.

Kata dia, verifikasi akan dilakukan setelah proses pendaftaran Parpol selesai dilakukan. Setelah itu, baru melakukan verifikasi terhadap Parpol yang akan menjadi kontestan Pemilu Tahun 2024. “Setelah pendaftaran, KPU pusat akan melakukan verifikasi administrasi terhadap kelengkapan yang disampaikan partai politik. Karena seluruh data dan apa yang akan kita lakukan akan diturunkan KPU pusat melalui KPU Bali selanjutnya diteruskan KPU Kabupaten/Kota,” kata Pujawan.

Intinya, kata Pujawan, pihak KPU Bangli telah siap melakukan verifikasi tersebut. Selain itu, divisi yang ada di KPU Bangli juga telah mengumpulkan seluruh tim untuk mengetahui bagaimana, dan apa tugas-tugas yang diberikan kepada parpol. “Hari ini kita juga akan kembali menggelar rapat pendalaman, agar tim bisa melaksanakan tugas secara maksimal dan alur-alur seperti apa nanti,” paparnya.

Baca juga :  Tanaman Kol Diserang Penyakit Akar Gada

Untuk kelancaran verifikasi, kata Pujawan, pihaknya telah melakukan sosialisiasi dengan pimpinan parpol dan Forkompinda Kabupaten Bangli. Di sana, apa-apa yang dilakukan Parpol di masa verifikasi nanti telah dijelaskan. “Parpol yang hadir sudah siap, dan mengaku tidak ada masalah,” sambungnya.

Menyinggung syarat dukungan Parpol, kata dia, sesuai aturan yakni seperti seper seribu dari penduduk Bangli. Dia mencontohkan, misalkan penduduk Bangli 250.000, maka syarat dukungan mencapai 250 orang. “Kalau tidak memenuhi sayarat itu, parpol bisa gugur di Bangli. Mereka harus menyertakan KTA yang akan disandingkan dengan E-KTP,” pungkasnya.(128)

Baca juga :  Jenazah Korban Covid-19 Akhirnya Dikremasi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini