Desa Adat Tanjung Benoa Bentuk Kelompok Nelayan Pemandu Wisata

nelayan 1
DILUNCURKAN - Peluncuran Kelompok Nelayan Pemandu Wisata Segara Wisesa oleh Bendesa Adat Tanjung Benoa, Made Wijaya.

Tanjung Benoa, DENPOST.id

Berbagai gebrakan dan terobosan terus dilakukan prajuru Desa Adat Tanjung Benoa dalam menyejahterakan warganya. Terutama yang bergerak di bidang nelayan dan pariwisata. Seperti yang dilakukan pada Senin (1/8/2022). Desa Adat Tanjung Benoa meluncurkan terbentuknya wadah Kelompok Nelayan Pemandu Wisata Segara Wisesa. Kelompok ini  beranggotakan para sopir boat yang biasa mengantar wisatawan berkunjung ke wisata penyu yang berlokasi di pantai barat Tanjung Benoa. Pembentukan wadah para sopir glass bottom boat yang difasilitasi pihak desa adat ini juga atas kesepakatan dari pihak Gahawisri dan para pengusaha watersport yang ada di Tanjung Benoa.

Baca juga :  Pendemi Covid-19, Koperasi Tak Sembarangan Keluarkan Kredit

Bendesa Adat Tanjung Benoa, Made Wijaya memaparkan, Kelompok Nelayan Pemandu Wisata Segara Wisesa Tanjung Benoa ini merupakan perkumpulan dari para sopir glass bottom boat yang ada di wisata bahari Tanjung Benoa. Mereka biasanya menjadi pemandu wisatawan yang datang ke Tanjung Benoa untuk menikmati wisata penyu dengan menggunakan perahu yang terbuat dari kaca atau dinamakan glass bottom boat.

Aktivitas para sopir ini sudah berlangsung cukup lama. Mereka mengantar wisatawan dari pantai timur menyeberang ke pantai barat untuk menikmati wisata penyu di kawasan wisata Deluang Sari. Hanya saja selama ini aktivitas mereka masih berjalan sendiri-sendiri atau dalam kelompok. Karenanya desa adat bersama Gahawisri dan 21 pengusaha sepakat memfasilitasi dalam satu wadah.

“Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan mereka. Di mana dilakukan peningkatan tarif pemanfaatan glass bottom boat dari sebelumnya. Selain itu juga untuk menghindari terjadinya rebutan atau persaingan dalam mendapatkan wisatawan.Nnantinya disiapkan nomor antrean sehingga mereka beraktivitas dengan tertib dan wisatawan merasa aman serta nyaman,” paparnya.

Baca juga :  Kunjungan Turun Drastis, Pengelola Kafe Kedonganan Harapkan Ini

Terobosan Bendesa Adat  bersama Prajuru Desa Adat Tanjung Benoa ini mendapat apresiasi dari berbagai pihak. Seperti diungkapkan Ketua Sabha Desa Wayan Kartika beserta jajarannya. Mereka mengapresiasi prajuru desa adat yang berhasil mewujudkan program kemasyarakatan dalam hal penyetaraan hak mendapatkan keadilan. “Semoga semua elemen terkait lainnya baik adat maupun dinas terus proaktif, sehingga program ini tidak menjadi sesuatu yang sebentar dan bisa dinikmati anak cucu kami,” harapnya.  (113)

Baca juga :  BRI Dipercaya Layani Semua Kebutuhan Keuangan Pegawai BKN RI

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini