Implementasikan CSR, BPD Bali Peroleh Dua Penghargaan

sudar
Direktur Utama (Dirut) BPD Bali I Nyoman Sudharma, S.H., M.H.

Denpasar, DenPost.id

Efektivitas dan kualitas pelaksanaan corporate social responsibility (CSR) Bank Pembangunan Daerah (BPD) Bali memperoleh apresiasi dari Indonesian Corporate Social Responsibility Award V 2022 yang diselenggarakan Economic Review.

Adapun penghargaan yang diberikan yakni The Best SDG’s Program Implementation dan The Best President Director of Companies in Indonesia yang khusus ditujukan ke Direktur Utama (Dirut) BPD Bali I Nyoman Sudharma, S.H., M.H. Penerimaan penghargaan ini diwakili oleh Kepala Divisi Umum dan Kesekretariatan BPD Bali IB Gd. Ary Wijaya Guntur, S.E., M.M., secara online  pada 28 Juli 2022.

CSR yang menjadi bagian dari strategi bisnis perusahaan ini sebagai upaya manajemen risiko dan manajemen dampak yang tak lepas dari perencanaan cermat serta pemilihan program yang tepat mencapai sasaran. Hal ini juga sesuai dengan ISO 26000:2010 Guidance on Social Responsibility yang diadopsi identik menjadi SNI ISO 26000:2013. CSR sendiri sebenarnya memiliki beberapa tingkatan dengan tingkatan tertinggi adalah program-program yang berkelanjutan serta memberi manfaat langsung bagi penerima. Terdapat delapan program CSR yang dikelola setiap tahun oleh BPD Bali yakni program pendidikan, kesehatan, olahraga, seni-budaya, bantuan sarana dan prasarana (pelestarian alam, lingkungan dan kebersihan), sosial lainnya, bantuan sarana dan prasarana (selain yang tercakup dalam program pendidikan, kesehatan, seni-budaya, olahraga, sosial lainnya dan pelestarian alam, lingkungan dan kebersihan) serta kemitraan. Cakupan pelaksanaan program CSR BPD Bali sampai Desember 2021 mencapai 94,95%. BPD Bali menjadikan penyaluran CSR sebagai bentuk sharing value agar masyarakat Bali merasakan manfaatnya sesuai porsi dan kebutuhan. Dari sisi pemasaran, tidak jarang program CSR amat melekat dengan brand perusahaan secara positif dan hal ini dapat meningkatkan citra positif perusahaan secara keseluruhan. CSR BPD Bali diselaraskan dengan program CSR unggulan di masa pandemi covid-19 dan sejauh mana CSR perusahaan mengadopsi tanggung jawab sosial dan lingkungan serta bagaimana kebijakan dan sistem tata kelola CSR.

Penghargaan yang diterima BPD Bali ini merupakan tantangan dalam memacu dan memotivasi perbankan agar terus mengukir prestasi seperti melakukan perbaikan kinerja dengan mengembangkan kualitas produk, layanan jasa perbankan, dan peningkatan teknologi. Semua ini untuk memperoleh kepuasan pelanggan yang berimplikasi pada pertumbuhan bisnis BPD Bali sebagai bank kebanggaan masyarakat Bali dan mendukung pertumbuhan perekonomian Bali.

Baca juga :  Pasien Sembuh Covid-19 di Kota Denpasar 39 Orang

Disisi lain, perihal optimalisasi layanan terhadap nasabah, BPD Bali meluncurkan beberapa produk digital seperti BaliPay, Online On Boarding dan Digi Loan. BaliPay merupakan aplikasi uang elektronik server based yang dapat digunakan untuk berbagai transaksi di berbagai merchant, pembayaran pajak daerah, tagihan rumah sakit, token listrik dan pembayaran lain, dengan cukup menggunakan nomor telepon dan email sebagai syarat administrasi. Disisi lain, Online On Boarding merupakan produk lanjutan dari layanan perbankan elektronik berupa administrasi rekening dalam bentuk elektronik yang mencakup pembukaan rekening secara online tanpa ke kantor, sekaligus menjadi pemilik akun aplikasi BPD Bali Mobile, dan/atau melakukan pendaftaran langsung untuk kepemilikan kartu ATM/debet bank melalui telepon selular. Sedangkan Digi Loan merupakan aplikasi pada analis kredit produktif yang menjadi bagian dari proses digitalisasi dengan sistem yang terintegrasi secara real time dengan didukung credit scoring seperti Fintech. Tujuannya menyederhanakan proses pemberian kredit dan mempercepat pengambilan keputusan kredit, mengurangi biaya operasional, menghilangkan potensi human-error yang disebabkan proses manual, mendukung kepatuhan dan meningkatkan kualitas layanan kepada nasabah. (r/yad)

Baca juga :  Ratusan Pelajar SD Jalani Vaksinasi Covid-19 di Mapolresta Denpasar

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini