19 Keluarga Korban Bencana Terima Bantuan Provinsi

picsart 22 08 03 12 41 43 764
BANTUAN - Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta, menyerahkan bantuan sosial akibat bencana, di Pendopo Rumah Jabatan Bupati Bangli, Rabu (3/8/2022).

Bangli, DENPOST.id

I Wayan Rupawan, warga Banjar Sembung, Kelurahan Bebalang, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, merasa bersyukur telah menerima bantuan dari Pemerintah Provinsi Bali melalui BPBD dan Damkar Kabupaten Bangli, Rabu (3/8/2022). Sebab, palinggih, tembok penyengker serta halaman rumahnya mengalami kerusakan lantaran diterjang longsor beberapa waktu lalu.

Sekalipun jumlah yang diterima tak sebesar jumlah dana yang diajukan atau dibutuhkan, namun pria yang berjalan dibantu dengan tongkat lantaran mengalami kelumpuhan pada kaki kirinya tersebut, tetap mengaku bersyukur atas bantuan dana yang diterima sebesar Rp 15 juta tersebut. “Sangat bersyukur dan berterima kasih, paling tidak bisa meringankan dan mengurangi utang saya yang saya pakai untuk perbaikan rumah,” ujarnya di sela penerimaan bantuan dana secara simbolis oleh Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta, di Pendopo Rumah Jabatan Bupati Bangli.

Baca juga :  Satu Keluarga di Tamanbali Dites Cepat Antigen

Selain Rupawan, ada 18 keluarga korban bencana lainnya yang juga memerima bantuan serupa dengan besaran jumlah yang berbeda sesuai klasifikasi kerusakan yang ditimbulkan dari musibah bencana tersebut.

Kalak BPBD dan Damkar Kabupaten Bangli, I Wayan Wardana, menyebutkan, penerimaan bantuan kali ini merupakan pengajuan tahap ketiga. Total yang diajukan sebanyak 19 orang, dan semuanya lolos verifikasi dan menerima bantuan. “Jumlah yang diterima masing-masing juga tak sama dengan besaran dana yang diajukan,” sebut Wardana didampimpingi Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD dan Damkar Bangli, Sang Ketut Supriadi.

Dijelaskannya, bantuan sosial berupa uang yang diberikan ini bersifat stimulant untuk korban bencana/musibah sesuai kemampuan keuangan daerah Provinsi Bali. Di mana jumlah nominal yang didapat masing-masing sesuai dengan hasil kajian Tim Verifikasi lapangan. Adapun jenis bantuan sosial yang diberikan berupa santunan kecacatan fisik dan mental ada 1 orang, 3 orang untuk santunan penguatan ekonomi, 8 orang perbaikan/pengadaan sarana dan prasarana perekonomian individu/keluarga/masyarakat, serta 7 tempat ibadah untuk perbaikan rumah masyarakat dan fasilitas umum.

Baca juga :  Objek Wisata Ditutup Sementara, Masyarakat Diminta Tak Nekat Datang

Besaran nilai bantuan tertinggi yang diberikan Rp 100.000.000 yang diberikan pada pengempon Pura Ratu Sakti Pancering Jagat di Desa Terunyan, Kintamani, yang sebelumnya mengalami kerusakan berat akibat diterjang angin puting beliung. Sedangkan nilai terendah Rp 2.000.000 diberikan pada Ni Nengah Sariani, warga Lingkungan Banjar Gaga, Tamanbali yang sebelumnya mengalami kerugian kerusakan pada warung sembako akibat pohon tumbang.

Selain Rupawan, Bupati Bangli juga menyerahkan bantuan secara simbolis pada tiga korban lainnya yaitu, I Wayan Kuasa dari Desa Awan menerima Rp 17 juta (bantuan kecacatan fisik), perwakilan Gereja Protestan Bangli menerima bantuan Rp 30 juta (perbaikan rumah dan fasilitas umum), serta perwakilan Desa Adat Terunyan, menerima Rp 100 juta (bantuan perbaikan fasilitas umum/pura ).

Baca juga :  Bangli Rencana Bangun MPP Dilengkapi UMKM dan Kuliner

Di sela penyerahan bantuan tersebut, Bupati Sedana Arta mengingatkan warga selaku penerima bantuan untuk bisa menggunakan dana tersebut sesuai peruntukannya. “Semoga bisa bermanfaat dan bisa dipertanggungjawabkan. Karena nanti pasti ada tim yang mengecek ke masing-masing, apakah bantuan dana ini sudah dipergunakan sesuai peruntukannya),”tegasnya. (128)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini