Warga Buang Sampah Seenaknya, Suwirta Minta Berlakukan Sanksi

picsart 22 08 03 16 09 57 692
SAMPAH - Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta menyoroti warga yang membuang sampah sembarangan di Jalan Merak, Kelurahan Semarapura Klod, Rabu (3/8/2022).

Semarapura, DENPOST.id

Kesadaran masyarakat dalam membuang sampah di wilayah Klungkung masih kurang. Hal ini terlihat di Kelurahan Semarapura Klod persisnya di pinggir Jalan Merak, sampah terlihat bertumpuk-tumpuk dan berserakan
di sebuah lahan kosong dekat Sungai Cangkung. Kondisi ini mendapat perhatian Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, Rabu (3/8/2022).

Setelah mendapat laporan, Suwirta langsung turun melakukan pengecekan bersama Kadis Lingkungan Hidup dan Pertanahan Klungkung, Ketut Suadnyana dan aparat setempat. Saat itu, Suwirta langsung geram melihat keberadaan sampah yang sudah bertumpuk, bahkan sudah sebagian jatuh ke aliran Sungai Cangkung.

Baca juga :  Hilang Saat Mancing, Sulendra Ditemukan Sudah Meninggal

Apalagi di lokasi terlihat sudah dipasang spanduk yang bertuliskan “Dilarang Membuang Sampah di Sekitar Area Ini”. Namun kenyataannya, sampah malah makin banyak dan meluber. Keberadaan sampah tersebut diduga dibuang oleh warga yang berasal dari luar lingkungan yang kebetulan lewat menuju pasar. Karena berdasarkan keterangan petugas kebersihan, warga dari lingkungan tersebut sudah dilayani petugas pengangkut sampah.

“Ini merupakan contoh perbuatan yang tidak bertanggung jawab. Membuang sampah seenaknya dan tanpa dipilah ditempat ini hingga menumpuk. Apalagi sudah ada tanda larangan dan peringatan,” ujar Suwirta.

Baca juga :  Wisatawan Membeludak ke Nusa Penida, Akses Jalan ke Objek Wisata Krodit

Atas kondisi tersebut, Suwirta meminta petugas kebersihan supaya mengawasi tempat ini. “Jatuhkan sanksi bagi warga yang kedapatan membuang sampah sembarangan,” pintanya.

Merespons permintaan Suwirta, Kasat Pol PP dan Damkar Klungkung, Putu Suarta menyatakan akan mengambil tindakan tegas terhadap warga yang membuang sampah sembarangan. Apalagi selama ini ia sudah sering turun melakukan sosialisasi ke desa-desa termasuk kelurahan terkait Perda Kabupaten Klungkung Nomer 7 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Sampah.

Baca juga :  Bermain Pasir dan Berpose di Pantai Klingking, Seorang Wisdom Digulung Ombak

“Kalau ketemu ada warga yang buang sampah sembarangan lagi, kami tidak ada ampun. Langsung kami tipiring, tidak lagi ada pembinaan,” tegas Putu Suarta. (119)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini