Aksi Kejahatan Meningkat, Warga Kuta Turun Tangan

kuta
SISIR ORANG NONGKRONG - Potongan video yang memperlihatkan warga menyisir orang-orang yang nongkrong hingga larut malam di wilayah Kuta. (DenPost.id/ist)

Kuta, DenPost

Aksi kejahatan jalanan yang menyasar warga negara asing (WNA) marak terjadi di Kuta. Tingginya kasus kriminal ini tentu saja membuat masyarakat setempat geram. Sejumlah orang yang mengaku sebagai warga Kuta lalu menyisir dan membubarkan orang-orang yang nongkrong hingga larut malam di pinggir jalan.

Video warga yang menyisir sejumlah lokasi di Kuta ini diunggah di media sosial (medsos) oleh pemilik akun Facebook (FB). Dalam video tersebut tampak warga mengusir orang-orang yang duduk-dudk di pinggir jalan hingga menjelang subuh.

Video yang diunggah pada Sabtu (6/8/2022) tersebut telah dibagikan ratusan kali sehingga mendapat dukungan dari pengguna medsos. Warga menilai masyarakat Kuta perlu tegas sehingga membuat wilayah wisata ini bebas dari kriminalitas. “Warga geram, selain akibat maraknya jambret, beberapa waktu lalu juga beredar video turis asing yang nyaris menjadi korban pemalakan di Jalan Poppies oleh sekelompok preman,” ujar sumber polisi, Minggu (7/8/2022).

Kanit Reskrim Polsek Kuta AKP Ketut Sudarma saat dimintai konfirmasi mangaku telah mengetahui video penyisiran yang dilakukan warga tersebut. “Selain warga, aparat terkait termasuk pihak polisi juga turut melakukan pengamanan dengan melakukan patroli,” bebernya.

Baca juga :  Dua Mobil, Babi dan Puluhan Tabung Gas Terbakar

Ditanya mengenai langkah antisipasi Polsek Kuta terhadap aksi kejahatan jalanan yang menyasar turis asing, Sudarma mengaku dilakukan penertiban dengan melibatkan keamanan desa dan tokoh masyarakat. “Wilayah Kuta cukup luas. Sedangkan aksi kejahatan kerap terjadi saat personel pindah ke lokasi lain untuk patroli. Selain itu, kami masih memburu pelaku-pelaku aksi kejahatan di sana,” tegas Sudarma.

Sementara itu, di tengah maraknya aksi kejahatan jalanan yang menyasar wisatawan asing dan warga lokal di Kuta, Kapolsek Kuta Kompol Orpa S.M.Takalapeta dan Kanit Reskrim AKP Ketut Sudarma dimutasi.

Baca juga :  PDI Perjuangan Terus Benahi Kaderisasi Partai

Kapolsek kelahiran Nusa Tenggara Timur (NTT) itu dipindah menjadi Kasubbagrenmin Ditpamobvit Polda Bali. Jabatan yang ditinggalkan Orpa diisi oleh AKP Yogie Pramagita. Sebelumnya Yogie menjabat Subdit I Ditresnarkoba Polda Bali.Sedangkan Kanit Reskrim Polsek Kuta AKP Ketut Sudarma mendapat jabatan baru yakni menjadi Kanit I Satres Narkoba Polresta Denpasar.

Kasi Humas Polresta Denpasar Iptu Ketut Sukadi saat dimintai konfirmasi belum memberikan keterangan resmi mengenai mutasi Kapolsek dan Kanit Reskrim Polsek Kuta tersebut. (yan)

Baca juga :  Terbongkar, Sindikat Pemalsuan KTP di Pelabuhan Benoa

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini