Desa Adat dan Dinas Ketewel Bangun Pengolahan Sampah TPS3R

picsart 22 08 11 19 20 49 216
TPS3R - Tempat pengolahan sampah TPS3R Ketewel Lestari, di Subak Tauman, Desa ketewel, Sukawati.

Gianyar, DENPOST.id

Desa Adat Ketewel, Sukawati, Gianyar, memiliki Tempat Pengolahan Sampah Reduce Reuse Recycle (TPS3R) Ketewel Lestari. Dengan semangat dan arahan Bupati Gianyar, dengan Dinas Lingkungan Hidup Gianyar sering kali turun memberi arahan di depan warga desa, sehingga dibangunlah TPS3R Ketewel Lestari yang dibangun atas kerjasama Desa Adat dan Desa Dinas Ketewel.

Dibangunnya TPS3R ini mendapat dana dari bantuan Pemprov Bali senilai Rp1 miliar, yang dibangun di atas tanah milik desa adat seluas 10,84 are dan terletak di Subak Tauman, Banjar Gumicik, Desa Ketewel. Pembangunannya dimulai sejak Desember 2021, dan kini pembangunannya sudah rampung kemudian dilakukan soft opening pada, Mei 2022.

Baca juga :  Zona Hijau, Warga 33 Banjar di Ubud Divaksin Massal

Bendesa Desa Adat Ketewel, I Wayan Ari Suthama, S.H., mengatakan di Desa Adat Ketewel sebelumnya memiliki TPS3R, sehingga petugas kebersihan Desa Ketewel dengan sarana transportasi truk mengirim sampah ke TPA Temesi, Gianyar. Sementara untuk biaya operasi selama ini dari pungutan penduduk pendatang dan pedagang sebesar Rp20 ribu/bulan dan pemilik usaha yang ada di Desa Ketewel dikenakan iuaran maksimal Rp900 ribu/bulan.

Sementara penduduk asli (wed) Ketewel tidak dipungut iuran sampah secara langsung tetapi dianggarkan dari dana sisa hasil usaha LPD Desa Adat Ketewel pertahun. Namun, sejak pandemi Covid-19 mewabah hampir 2 tahun lebih kunjungan wisatawan menurun dan pendapatan warga juga turun, serta keadaan ekonomi masyarakat melemah dan susah, sehingga mengharuskan warga atau penduduk asli Ketewel yang berjumlah 1.558 KK dengan 11 banjar adat diwajibkan berpartisipasi membayar iuran sampah setiap bulan hanya Rp15.000/ KK untuk biaya operasinal pembuangan sampah dan operasional pengelolaan sampah di TPS3R Ketewel Lestari, sehingga tetap terjaga kebersihan, keasrian dan kelestarian lingkungan di wilayah Desa Ketewel. (116)

Baca juga :  Siswa SMP Tewas Gantung Diri, Tinggalkan Selembar Surat Wasiat

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini