Guru Asal AS Selundupkan Cairan Vape Berisi Ganja

ganja
DITANGKAP - Dua tersangka penyalahguna narkoba ditangkap aparat Satresnarkoba Polres Bandara Ngurah Rai. (DenPost.id/ist)

Mangupura, DenPost

Seorang guru asal Amerika Serikat (AS), Jacob Josef Biedak (37), ditangkap aparat Satresnarkoba Polres Kawasan Bandara Ngurah Rai. Wisatawan itu kedapatan membawa liquid vape (cairan rokok elektrik) yang mengandung ganja.

Kapolres Bandara AKBP Ida Ayu Wikarniti, Jumat (12/8/2022) mengungkapkan terungkapnya kasus ini merupakan kerjasama antara Polres Kawasan Bandara dengan Bea-Cukai Ngurah Rai. Menurutnya, tersangka Jacob datang ke Bali dengan menumpang pesawat Batik Air OD 177 pada Selasa (19/7) pukul 21.00. “Seperti biasa, prosedur petugas Bea-Cukai yakni memeriksa barang yang dibawa penumpang. Saat mengecek menggunakan X-ray, petugas mencurigai barang yang dibawa Jacob,” tegasnya.

Baca juga :  Pantau Posko Gotong-royong, Suiasa Tekankan Ini

Petugas lantas membuka tas yang dibawa Jacob, hingga ditemukanlah enam cartridge (alat hisap rokok elektrik) merek Stiizy yang berisi cairan berwarna kekuningan. Setelah dites, cairan itu ternyata mengandung ganja. Barang bukti seberat 35 gram tersebut lalu diamankan ke Polres Bandara. Kepada aparat, tersangka Jacob beralasan tidak mengetahui jikan di Indonesia, khususnya Bali, dilarang membawa dan mengkonsumsi ganja. “Keterangan tersangka masih didalami,” tegas Wikarniti.

Dia menduga modus memasukkan narkoba dalam cairan ini sudah beredar di Bali. Terlebih petugas mengalami kendala mengidentifikasi barang haram itu tanpa alat khusus. “Langkah antisipasi atau penanggulangan  perlu dimatangkan, berikut kerjasama dengan instansi terkait agar generasi bangsa tak dirusak narkoba,” bebernya.

Baca juga :  Antisipasi Omicron, Sekda Badung Cek Kesiapan Gedung D RSD Mangusada  

Perbuatan tersangka Jacob dinyatakan melanggar UU No.35 Tahun 2009 tentang narkotika yakni Pasal 113 Ayat 1, dengan ancaman pidana penjara paling singkat lima tahun, dan paling lama 15 tahun, serta pidana denda paling sedikit Rp 1 miliar, paling banyak Rp 10 miliar, dan Pasal 111 Ayat 1 dengan pidana penjara paling singkat empat tahun, paling lama 12 tahun, dan pidana denda paling sedikit Rp 800 juta, paling banyak Rp 8 miliar.

Baca juga :  Ganggu Kenyamanan, Polisi Buru Motor Bersuara Bising

Selain tersangka Jacob, Polres Bandara juga menangkap empat tersangka kasus narkoba lain dalam sebulan terakhir ini. Dua kasusnya telah dilimpahkan ke kejaksaan. “Kami juga mengamankan warga Brazil berinisial ASG. Masih ini diamankan pada 28 Juni 2022 pukul 20.00 di terminal kedatangan internasional Bandara Ngurah Rai. Dia membawa ganja seberat 2,8 gram dari negaranya ke Bali,” tandas AKBP Ida Ayu Wikarniti. (yan)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini