Kunjungan Wisatawan Diklaim Kian Meningkat

picsart 22 08 14 16 54 01 441
ZIARAH - Bupati Bangli ziarah dan tabur bunga di tugu makan pahlawan Penglipuran, Bangli, usai memimpin apel peringatan HUT Provinsi Bali. DENPOST.id/ist

Bangli, DENPOST.id

Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta, Minggu (14/8/2022) memimpin apel peringatan HUT ke-64 Provinsi Bali dan Hari Pramuka tahun 2022 di Alun-alun Kota Bangli. Kegiatan dilanjutkan dengan ziarah ke Tugu Makam Pahlawan (TMP) di Desa Penglipuran.

Gubernur Bali dalam sambutannya yang dibacakan Bupati Bangli menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada semua unsur satgas penanganan Covid-19 yang telah bekerja keras secara bersama-sama dalam menangani pasien Covid-19. “Sejalan dengan membaiknya kondisi Pandemi Covid-19 dan tingginya pencapaian vaksinasi di Bali, langkah berani Bali meyakinkan Pemerintah Pusat agar Bali diberikan kelonggaran bagi wisatawan mancanegara dan wisatawan nusantara untuk berkunjung ke Bali tanpa karantina,” sebutnya.

Sejak saat itu, kunjungan wisatawan ke Bali diklaim terus mengalami peningkatan. Hal ini menurut Gubernur, ditandai dengan saat ini wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Bali sudah mencapai di atas 9 ribu orang kedatangan setiap hari, dengan jumlah penerbangan internasional ke Bali terus meningkat. Di mana sudah mencapai 23 maskapai dari berbagai negara dan wisatawan nusantara yang berkunjung ke Bali sudah mencapai di atas 10 ribu orang kedatangan setiap hari melalui bandara internasional I Gusti Ngurah Rai.

Ditambahkannya, pencapaian pembangunan Bali yang telah terwujud secara nyata dalam 4 tahun ini, mencakup keseluruhan 5 bidang prioritas. Rinciannya, penguatan dan pemajuan desa adat, tradisi, seni budaya, serta kearifan lokal bali ditandai dengan semakin semarak krama Bali menyelenggarakan berbagai bentuk aktivitas adat dan budaya. Meningkatnya penyediaan pangan yang berkualitas melalui pertanian organik, semakin membaiknya kualitas layanan dan jaminan kesehatan, meningkatnya akses dan mutu pendidikan, peningkatan kompetensi dan pelindungan tenaga kerja, terutama Pekerja Migran Indonesia krama Bali, penyelenggaraan kepariwisataan berbasis budaya, berkualitas, dan bermartabat dan keberpihakan secara kuat dan konsisten pada penggunaan produk lokal Bali.

Baca juga :  Dibuka Kembali, Hanya Separuh Pedagang Pasar Kidul yang Jualan

Pencapaian pembangunan Bali Era Baru juga dikatakan mencakup perbaikan kualitas ekosistem alam yakni, pembatasan timbulan sampah plastik sekali pakai, pengelolaan sampah berbasis sumber, perlindungan danau, mata air, sungai dan laut dan pelestarian tanaman lokal bali sebagai Taman Bumi Banten, Puspa Dewata, Usada dan Penghijauan. “Pencapaian Bali Era Baru diperkuat dengan pembangunan infrastruktur yang terkoneksi dan terintegrasi. Penguatan Bali Era Baru juga telah dilaksanakan dengan memberlakukan tata titi kehidupan Krama Bali berdasarkan nilai-nilai kearifan lokal Sad Kerthi dalam Bali Era Baru dengan menyelenggarakan peringatan rahina tumpek secara niskala dan sekala. Berbagai produk hukum dan capaian pembangunan Bali harus dijadikan landasan yang kokoh guna semakin memantapkan pelaksanaan visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali ke depan sebagai gerakan perubahan bersama oleh seluruh masyarakat Bali untuk mewujudkan keharminisan alam, manusia dan kebudayaan dalam Bali Era Baru,” tegas Koster dalam sambutan tersebut.

Baca juga :  Tak Kuat Nanjak, Truk Bermuatan Sayur Terguling

Karenanya, Koster mengapresiasi setinggi-tingginya atas seluruh inisiatif, partisipasi, dukungan, sinergi, kaloborasi dan rasa militan masyarakat Bali melalui berbagai bentuk aktivitas untuk mewujudkan visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali dalam Bali Era Baru. (128)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini