Klungkung Gelar Parade Budaya

picsart 22 08 15 20 45 40 016
ATRAKSI BARONG - Siswa TK, saat menampilkan atraksi barong saat geladi di depan Monumen Ida Dewa Agung Jambe, Senin (15/8/2022).

Semarapura, DENPOST.id

Walaupun tidak semarak kabupaten lainnya di Bali, Klungkung masih menggelar karnaval atau parade budaya dalam memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan RI. Kegiatan karnaval yang melibatkan ratusan siswa TK, SD dan SMP ini akan digelar di depan Monumen Ida Dewa Agung Jambe, Selasa (16/8/2022).

Sebelum tampil, anak-anak mulai mengikuti gladi di depan Pendopo Puri Agung Klungkung, Senin (15/8/2022). Walaupun berpanas-panasan, anak-anak siswa TK yang didampingi orang tua terlihat antusias mengikuti gladi. Bahkan ada orang tua yang terlihat sampai membawakan payung supaya anaknya tidak kepanasan.

Baca juga :  Keberatan Hasil Pilkel Angantaka, DPMD Persilahkan Tempuh Jalur Hukum

Kegiatan karnaval yang dipusatkan di Monumen Ida Dewa Agung Jambe ini, diawali siswa TK dengan penampilan drumband. Setelah itu, diisi parade siswa TK yang memakai busana nusantara. Ada juga yang memakai busana seluruh profesi dan tarian massal. Yang menarik lagi, ada juga anak-anak yang tampil membawakan tarian barong.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Klungkung, Ketut Sujana mengatakan peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-77 tahun ini, memang belum dapat dimeriahkan dengan berbagai lomba, seperti sebelum pandemi Covid-19. Bahkan, lomba gerak jalan yang biasanya menjadi suguhan wajib tiap Agustusan juga belum dapat digelar karena keterbatasan anggaran.

Baca juga :  Kasus Covid-19 Menurun, Sekda Alit Wiradana Minta Prokes Jangan Kendor

Meski demikian, Disdikpora dikatakan tetap berupaya mengadakan kegiatan menarik untuk mengisi rangkaian peringatan hari kemerdekaan. “Kami sudah diskusi ke teman-teman untuk coba adakan kegiatan. Lalu kita usulkan gelar parade budaya atau karnaval, karena ini kan jadi tempat anak-anak berkreasi. Saat kita diskusikan dengan sekolah-sekolah, ternyata utamanya TK sangat antusias,” ungkap Sujana. (119)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini