89 Orang WBP Dapat Remisi, 2 Orang Langsung Bebas

20220817 125917

Negara, DENPOST.id

Rumah Tahanan Negara (Rutan Negara) Kelas IIB Negara, Rabu (17/8) melaksanakan upacara penyerahan remisi umum kepada narapidana dalam rangka HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia. Upacara dihadiri oleh Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna (Ipat) yang juga sebagai pembina upacara, Kepala Kejaksaan Negeri Jembrana, Pengadilan Negeri Negara, Polres Jembrana, Kasdim Jembrana dan jajaran forum komunikasi daerah (Forkopimda) di Kabupaten Jembrana.

Kepala Rutan Kelas IIB Negara, Bambang Hendra Setyawan didampingi Kasubsi Pelayanan Tahanan, Kepala Rutan Nyoman Tulus Sedeng mengatakan remisi umum tahun ini diusulkan kepada 88 orang narapidana dari total 147 warga binaan pemasyarakatan di Rutan Negara. Sedangkan SK Remisi yang turun sesuai dengan Keputusan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor : PAS-1262.PK.05.04 Tahun 2022 sebanyak 89 orang dimana 1 orang merupakan tambahan pindahan dari Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Tabanan (Lapas Tabanan).

Baca juga :  Hujan Lebat, Pondasi Halaman Rumah Warga Longsor

Besaran remisi yang didapatkan bervariasi mulai dari 1 bulan hingga 5 bulan. Beberapa narapidana yang memperoleh remisi diantaranya dengan perkara Kekerasan terhadap wanita dan anak 1 orang, narkotika 50 orang, penggelapan 5 orang, pencurian 7 orang, mata uang 1 orang, kesehatan 4 orang, penipuan orang, perlindungan anak 12 orang, kesusilaan 1 orang, pornografi 1 orang, memalsukan materai/surat 1 orang dan lain – lain 1 orang. Sedangkan tidak ada remisi susulan atau SK Remisi yang belum turun. Narapidana yang diusulkan remisi telah memenuhi syarat substantif dan administrative sesuai aturan yang berlaku.

Setelah menerima remisi ada dua orang narapidana yang langsung bebas yaitu napi asus narkotika dan pencurian. Remisi diserahkan secara langsung oleh Wakil Bupati Jembrana, I Gede Ngurah Patriana Krisna kepada perwakilan narapidana yang menerima remisi umum II. Pada kesempatan ini, Wakil Bupati Jembrana menyampaikan pemberian remisi merupakan upaya mendorong motivasi diri sehingga warga binaan  pemasyarakatan mempunyai kesempatan, kesiapan, berdaya adaptasi tinggi dalam proses reintegrasi khususnya untuk kembali ke lingkungan masyarakat.

Baca juga :  Pendidikan di Masa Pandemi, Universitas Diharapkan Hadir dan Jemput Bola

Program pembinaan kepribadian kerohanian dan pembinaan kemandirian kepada warga binaan diharapkan dilaksanakan sehingga setelah yang bebas nanti mereka mempunyai bekal ketrampilan saat kembali ketengah keluarga dan masyarakat serta tidak mengulangi tindak pidana lagi .

Wabup Ipat juga menyampaikan sambutan Menteri Hukum dan HAM RI dimana pada Hari Raya Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2022, total remisi umum yang diberikan sebanyak 169.916 orang narapidana di seluruh Indonesia.

Baca juga :  Polisi Cegah Konvoi Pengumuman Kelulusan Siswa di Jembrana

Kepala Rutan Kelas IIB Negara, Bambang Hendra Setyawan mengaku bersyukur seluruh usulan remisi yang diajukan disetujui dan telah turun termasuk satu orang tambahan pindahan dari Lapas Tabanan. Serta pada kesempatan ini pihaknya memberikan remisi umum II atau bebas langsung pada dua orang narapidana. Selanjutnya dua orang narapidana yang menerima remisi umum II dinyatakan bebas setelah melengkapi persyaratan administratif.
Seusai upacara, Wabup Ipat berkesempatan membesuk ayahnya I Gede Winasa yang juga mantan Bupati Jembrana di rumah areal kebun. Kini Bupati Winasa sehari-hari memelihara babi dan ikan di halaman belakang Rutan Negara. (120)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini