Kawasan Wisata Jatiluwih Kini Dilengkapi Tempat Nonton Matahari Terbenam

picsart 22 08 18 16 43 52 530
GIRISHA WAHANA - Sejumlah wisatawan saat menikmati outbound di Kawasan Wisata Girisha Wahana Jatiluwih.

KAWASAN Wisata Jatiluwih tidak saja untuk menikmati suasan sawah terasering, namun kini juga bisa menikmati sejumlah kegiatan outbound. Fasilitas baru ini disipakan oleh kawasan wisata Girisha Wahana Jatiluwih. Kawasan ini juga memberikan pemandangan eksotik matahari terbenam (sunset) di balik Gunung Batukaru. Bila menggunakan kendaraan, kawasan wisata Girisha Wahana Jatiluwih ini bisa ditempuh dengan waktu 1 jam lebih perjalanan dari Denpasar.

Pemilik sekaligus pengelola Girisha Wahana, Erlangga Mantik, mengatakan, nama Girisha Wahana merupakan nama yang mengandung makna mendalam. Nama ini diambil dari nama cucunya yakni Girisha. “Giri berarti Gunung, sedangkan Sha berarti Siwa, utama dan juga berarti mulia. Sebuah wahana wisata yang diharapkan memberi dampak positif untuk kesejahteraan bagi masyarakat di sekitar wahana itu,” papar Erlangga Mantik didampingi istrinya, Ni Kadek Tri Nuryatiningsih.

Di tangan dingin Erlangga Mantik, kawasan yang tadinya ditumbuhi semak belukar kini disulap menjadi tempat wisata baru yang sangat mengasyikan dan menyenangkan. Luas lahan sekitar 1,6 hektar ditata dengan begitu apik dan sangat indah. Bersama sang istri, Erlangga Mantik nampak begitu sangat bahagia dan menikmati serta mensyukuri anugrah Hyang Widi yang sudah diwujudkan dalam wahana wisata yang menarik.

Baca juga :  Distan Buleleng Gelar Pasar Tani Produk Unggulan Lokal

Menurut Erlangga Mantik, wahana ini awalnya dibuat sangat sederhana. “Kita mengalir saja. Menata secara bertahap. Untuk saat sekarang baru dibangun restoran dan wahana permainan anak dan orang dewasa,” jelasnya. Ia menambahkan, orang-orang yang dilibatkan atau bekerja di Girisha Wahana ini hampir 100 persen putra-putri dari Jatiluwih.
Ada sekitar 25 orang warga daerah setempat ditampung bekerja di wahana ini. “Kita latih dan didik mereka untuk bisa menerima tamu dengan baik. Selain itu mereka juga dilatih untuk memasak dan bagaimana menyajikan makanan kepada para tamu. Mereka juga dilatih berbahasa Inggris dengan baik,” katanya.

Tanpa merusak alam sekitar, di Girisha Wahana Jatiluwih juga ada wahana flying fox hingga jembatan spot foto. Untuk restorannya berkonsep tradisional autentik, dibuat untuk keluarga urban yang rindu kampung halaman dengan suguhan pemandangan sawah dengan menu lindung bumbu kesuna cekuh, nasi goreng seafood hingga menu bebek goreng yang lezat. Ada pula racikan teh kekinian yang disajikan dengan campuran beras merah dan madu.

Baca juga :  BRI Jalin Kerjasama Layanan pada Platform AYO SRC

Ni Kadek Tri Nuryatiningsih menambahkan,
Waktu terbaik untuk berkunjung di Girisha Wahana adalah saat sore hari. Pengunjung bisa menikmati keindahan langit sore dengan pemandangan sawah dan ladang yang hijau. Cocok untuk menghilangkan rasa penat atau menyegarkan pikiran dari padatnya aktivitas pekerjaan.Tak sampai di situ, saat langit cerah gunung Batukaru juga terlihat gagah di arah barat daya. Lampu-lampu yang mengelilingi area outdoor pun memperindah suasana sekitar. “My time akan sempurna dengan sajian makanan dan minuman,” jelasnya.

Baca juga :  Garong Gondol Seperangkat Gemelan Seharga Puluhan Juta

Ia juga menjelaskan, visi dan misi keluarganya membangun bisnis yang menyatu dengan alam serta melengkapi wisata alam dengan motto ‘Good Lux, Good Food and Good Life’, dengan tetap mempertahankan tanaman atau pohon langka seperti pohon Boni, Sentul, hingga Ceroring. “Intisarinya, kami mengedepankan atmosfer Gunung Batukaru hingga keindahan subak yang juga dikenal sebagai sistem irigasi tradisional sawah di Bali. Mengingat, Subak Desa Jatiluwih merupakan warisan budaya tak benda yang ditetapkan oleh UNESCO pada 2012. Subak adalah sesuatu yang diwariskan dari generasi ke generasi. Subak Jatiluwih terlihat indah karena ditangani oleh masyarakat setempat yang sudah ahli,” tandasnya. (dwa)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini