Tata Kawasan Kintamani, RDTR Disusun Pusat

20220819 151330

Bangli, DENPOST.id

Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Bangli menyadari pariwisata menjadi sektor terpenting dalam penghidupan dan perekonomian di Bangli, selain sektor lainnya. Karenanya Pemkab Bangli sangat konsen dalam melakukan penataan kawasan wisata terutama di kawasan wisata Kintamani. Bahkan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) terkait penataan tersebut kini tengan dalam proses penyusunan di pusat. Demikian ditegaskan Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta, Jumat (219/8).

Baca juga :  Di Bangli, RSU Juga Batasi Penunggu Pasien

Menurutnya, dalam meningkatkan pembangunan kepariwisataan, pihaknya memberikan kesempatan seluasnya bagi kawasan yang berpotensi dikembangkan dan mendukung pengembanganya. Seperti halnya kawasan Kintamani, yang telah menyusun RDTR kawasan Kintamani. “Hal ini sebagai bentuk keseriusan kita dalam menata kawasan itu,” ujarnya.

Terkait pembangunan potensi di desa, pihaknya juga tengah berupaya untuk membenahi infrastrukturnya. Saat ini di Kabupaten Bangli terdapat 32 desa wisata, namun lantaran pandemi Covid-19, baru bisa berkembang hanya lima desa saja. “Desa-desa wisata akan terus kita kembangkan dengan memanfaatkan APBD Bangli, Pemprov Bali maupun anggaran pusat,” katanya.

Sementara terkait dengan ketransparanan pengelolaan pemasukan sektor pariwsata ini, pihaknya telah memberlakukan e-tiket untuk wisatawan yang masuk ke Kintamani. “Ini adalah sebagai bentuk dari ketransparan Pemkab Bangli dalam mengelola pemasuan sektor pariwisata,” tegasnya.

Baca juga :  Jelang Karya di Pura Ulun Danu Batur, Sejumlah Tempat Didisinfeksi

Selain itu, pihaknya juga telah memasang E-PHR untuk 15 hotel dan restoran. “Hal ini juga sebagai upaya kita untuk meningkatkan pendapatan PHR. Kita himbau agar sebagai pebisnis agar berani transparan,” tegasnya. (128)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini