Pemulangan PMI Sakit Asal Bangli Dalam Proses

picsart 22 08 22 15 38 55 138
PMI - Sepupu Gusti Ayu Vira Wijayantari ABW menunjukkan foto Vira yang telantar di Turki. DENPOST.id/dok

Bangli, DENPOST.id

Pemerintah Kabupaten Bangli bergerak cepat dalam penanganan terkait keberadaan Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Bangli yang terlantar serta dalam kondisi sakit di luar negeri. Sesuai koordinasi yang dilakukan pihak Dinas Koperasi UMKM dan Tenaga Kerja Kabupaten Bangli, untuk PMI asal Banjar Tegal, Bebalang, Gusti Ayu Vira Wijayantari ABW, kini dalam tahap pemulangan.

Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Tenaga Kerja Kabupaten Bangli, Luh Ketut Wardani, mengaku telah intens berkomunikasi dengan pihak keluarga termasuk Disnaker Bali dan Ibu Agung yang disebut sebagai pemilik tempat pelatihan SPA dan yang memberangkatkan bersangkutan. “Sesuai hasil penelusuran, yang bersangkutan berangkat melalui jalur resmi namun mandiri. Buk Gung yang mempunyai tempat pelatihan memfailitasi keberangkatan yang bersangkutan dengan bekerja sama dengan agent yang ada di Turki. Yang bersangkutan berangkat dengan visa kerja,” jelas Wardani, Senin (21/8/2022).

Baca juga :  Kapolres Bangli Pimpin Pendistribusian 200 Paket Sembako di Empat Kecamatan

Namun terkait gaji, diakui memang tidak sesuai kontrak. Pihak Bu Agung beralasan nilai mata uang di sana turun. Selain itu, sesuai pengakuan dalam suratnya, yang bersangkutan justru pindah-pindah kerja. “Di tempat terakhir kerja, yang bersangkutan tidak telantar kok. Gusti Ayu tetap diurus oleh tempatnya bekerja termasuk saat sakit diantar berobat dan dibantu juga oleh enam teman-temannya di sana,” bebernya.

Meski demikian, sesuai hasil koordinasi dengan pihak keluarga dan yang memberangkatkan sudah dibuat surat pernyataan bermaterai untuk membantu kepulangannya. Termasuk orang yang memberangkatkannya sudah berupaya menghubungi, hanya saja yang bersangkutan katanya sulit dihubungi.

Baca juga :  Coklit Berakhir, Masih Ada Warga Tercecer

Persoalan ini dikatakan sudah ditangani pemerintah bersama KBRI di sana.
Sementara terkait kondisi Gusti Ayu, lanjutnya, pihaknya sudah sering menghubungi namun lebih sering temannya yang mengangkat dan bilang yang bersangkutan masih melayani costumer. Dengan kata lain, yang bersangkutan sudah bisa kerja lagi di sana.

Kendati Vira sudah bisa bekerja, menurut Wardani  pihak keluarga tetap menginginkan agar yang bersangkutan dipulangkan. “Karena itu, kita juga akan fasilitasi kepulangannya,” katanya.

Baca juga :  Terjatuh dari Pohon Albesia, Warga Sulahan Tewas

Sementara terkait surat terbuka yang dilayangkan Gusti Ayu Vira terhadap Presiden Joko Widodo, dinilai banyak keanehan dan isinya lucu. Lantaran belum apa-apa sudah melalui pengacara yang ada di Bali yang merupakan keluarga dari ibu bersangkutan sehingga muncul persoalan tersebut ke permukaan seperti ini. “Semestinya, untuk pemulangan yang bersangkutan melalui KBRI di Turki. Terlepas dari itu, Pemerintah saat ini masih berupaya untuk memproses pemulangan yang bersangkutan. Saat ini kita hanya bisa menunggu informasi dari KBRI di sana. Kita juga tiap hari berkoordinasi,” tegasnya.(128)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini