Kasus Naik ke Penyelidikan, Sejumlah Pengurus LPD Intaran Diperiksa Kejaksaan

uang1
ilustrasi

Denpasar, DenPost.id

Penyidik Pidana Khusus (Pidsus) Kejari Denpasar menaikkan status penanganan kasus dugaan penyelewengan dana LPD Desa Adat Intaran, Sanur, Denpasar Selatan (Densel, ke tahap penyelidikan.

Kasi Intel Kejari Denpasar Putu Eka Suyantha, Senin (22/8/2022), mengungkapkan bahwa memang benar perkara LPD Intaran naik kelas dari pengumpulan bahan dan keterangan menjadi penyelidikan.

Disebutkan pula bahwa belasan saksi sudah diperiksa dalam perkara ini. Namun Suyantha enggan membeberkan dengan alasan dapat menganggu jalannya penyelidikan. “Kalau ada perkembangan, maka akan kami informasikan lagi,” tegas Eka Suyantha.

Sementara itu, beberapa sumber di Kejari Denpasar menyebutkan sudah ada belasan saksi yang diperiksa mengenai kasus dugaan penyelewengan dana di LPD Intaran yang nilainya ditaksir mencapai puluhan miliar rupiah ini. Bahkan beberapa saksi yang dipanggil adalah pengurus LPD Intaran yang juga tokoh di Sanur.

Baca juga :  Nyepi, Bandara Ngurah Rai Hentikan Operasional 24 Jam

Seperti diketahui, sejak beberapa bulan belakangan ini sejumlah nasabah LPD Intaran, Desa Pakraman Sanur, resah. Pasalnya mereka kini tak bisa menarik tabungan atau deposito di LPD Intaran karena kondisi LPD yang dikabarkan kolaps.

Informasi yang berkembang, LPD Intaran saat ini sedang krisis. Kondisi ini membuat LPD itu tidak mampu membayar tabungan dan deposito para nasabah. Pasca krisis, pengurus LPD Intaran sempat melakukan rapat untuk membentuk tim khusus guna menyelesaikan masalah ini. Tim khusus juga bertindak aktif ke nasabah untuk memberi pengertian dan minta kerjasama agar tetap tenang.

Baca juga :  Pasien Positif Covid-19 di Denpasar Bertambah Satu Orang

Pengurus sedang mencari solusi terbaik. Jika nasabah panik malah akan semakin buruk, bahkan kasusnya bisa ke ranah hokum. Kalau aktivitas LPD dibekukan, semuanya juga akan rugi, karena ada pihak-pihak yang diduga sengaja memanfaatkan situasi dengan isu-isu lain. (yan)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini